Perkumpulan Pemain Kartu Remi Berujung Bangun Masjid

Dakwahpos.com, Bandung- Profil dan sejarah unik pembangunan Masjid Jami Ash-Sholawat.

Masjid Jami Ash-Sholawat merupakan salah satu masjid yang terletak di bandung, tepatnya di Jl. Manisi, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung. Masjid ini berdiri pada tahun 1971. Romli Mustopa, selaku ketua DKM Ash-Sholawat berkata bahwa pembangunan masjid ini dilakukan bersama-sama oleh masyarakat sekitar. Dananya pun didapatkan dari sumbangan-sumbangan masyarakat.

"Masjid Ash-Sholawat ini pertama kali mulai pembangunan pada tahun 1971 tapi karena dananya dari masyarakat jadi sempat terhenti beberapa kali. Tapi Alhamdulillah selalu ada rezeki untuk pembangunan masjid ini hingga akhirnya selesai dan berdirilah Masjid Ash-Sholawat," tuturnya.

Masjid ini memiliki cerita yang unik pada awal pembangunannya. Masjid yang terletak di Cipadung ini tercipta karena pada awalnya masyarakat setempat gemar bermain kartu remi. Setiap hari masyarakat sekitar, khususnya para jemaah laki-laki, berkumpul di suatu tempat untuk bermain kartu remi. Hingga suatu hari muncul ide dari salah seorang yang juga sering ikut bermain remi untuk mengganti kegiatan pada setiap waktu berkumpul, yang awalnya digunakan untuk bermain remi kemudian berganti menjadi selawatan.

"Dulu itu masyarakat sekitar sering ngumpul buat main kartu remi, tapi pada suatu ketika ada satu orang yang mengusulkan untuk perkumpulan ini diganti dengan selawatan bersama. Ketika sudah mulai berganti kegiatan dari bermain remi menjadi selawatan, ada lagi yang berpendapat untuk kita membuat suatu tempat untuk kumpulan selawatan ini. Hingga akhirnya dibangunlah masjid yang diberi nama Ash-Sholawat ini. Dinamakan demikian karena awalnya memang dibangun untuk kegiatan berselawat bersama-sama," ungkap Ketua DKM tersebut.

Hingga saat ini, masjid yang sudah berumur 71 tahun ini masih digunakan. Bukan hanya untuk selawatan bersama tetapi juga digunakan sesuai dengan fungsi masjid pada umumnya dan juga memiliki beberapa kegiatan rutinan pada setiap minggunya. Beberapa kegiatan rutinnya yaitu salat berjemaah 5 waktu, salat Jumat, Kajian Seputar Masjid Jami Ash-Sholawat (KASIAT) pada setiap malam Minggu, pengajian anak-anak dari mulai magrib sampai sebelum isya, dan pengajian ibu-ibu di setiap hari Rabu.


Reporter: Siti Alfiani Rochmah, KPI 3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023