Jaga Kebersihan Masjid, Pengurus Masjid Al- Mukhtar Rutinkan Jum’at Bersih

Dakwahpos.com, Bandung, Sebagai umat Islam, pasti tidak asing ketika mendengar hadist nabi yang menjelaskan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Apalagi kebersihan di masjid yang menjadi sarana untuk beribadah umat Islam. Tampak pada hari Jum'at, (24/11/2023) para pengurus Masjid Al- Mukhtar Cigending, sedang melakukan Jum'at bersih di area Masjid Al- Mukhtar.

Kegiatan Jumsih ini, sudah menjadi kegiatan rutin bagi para pengurus Masjid Al- Mukhtar Cigending. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jum'at pukul 07.00-09.00 WIB. Saat pelaksanaannya, setiap orang memegang bagian masing-masing.

"Jadi setiap hari Jum'at, kita membersihkan seluruh fasilitas masjid. Mulai dari kamar mandi, karpet, mukena kita cuci, sarung, pel dan sebagainya. Itu kita semua yang membersihkan. Apalagi nanti siang dipakai shalat Jum'at, biar lebih khusyu, lebih enak dipakai ibadahnya." ucap Pak Masdar selaku RT.

Pak Masdar menjelaskan detailnya kegiatan Jumsih yang di laksanakan oleh para pengurus Masjid Al- Mukhtar. Mulai dari membersihkan kamar mandi, karpet, mukena, sarung, dan sebagainya. Agar, pelaksanaan sholat Jum'at di Masjid terasa nyaman denga harapan ditemukan kekhusyuan para jemaah saat beribadah.

"kegiatan Jumsih ini, sudah berjalan sejak lama. Ya minimal seminggu sekali lah, kita bersihkan masjid kita. Harapannya, ya kita bisa bermanfaat untuk orang banyak. Salah satunya dengan merawat, menjaga masjid sebagai tempat ibadah masyarakat disini," ucap Pak Masdar.

Sebaik- baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain, harapan para pengurus Masjid Al- Mukhtar salah satunya menjadi manusia yag bermanfaat untuk  orang banyak. Terutama untuk masyaakat disekitarnya.

Reporter: Ananda Anggunistiani KPI 3A



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023