Hikmah Covid 19, Akhirnya Bisa Melaksanakan Sholat Jum'at Berjamaah

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Baiturrahim yang berada di Desa Cibiru wetan, berdiri sejak tahun 1993, yang merupakan tanah wakaf yang di berikan oleh sebuah keluarga yang menjadi warga di Kawasan Rt02/Rw13, Desa Cibiru wetan. Untuk pembangunan masjid ini berasal dari sumber daya masyarakat yang ada, serta donasi yang diberikan oleh beberapa Lembaga. 

Sejak awal pembangunan, Masjid ini biasa digunakan oleh masyarakat hanya untuk melaksanakan sholat fardhu berjamaah. Namun Beberapa pengurus hingga warga Rt02 pernah mengusulkan kepada ketua DKM untuk melaksanakan sholat jum'at, akan tetapi DKM menolak, bukan karena sempit akan tetapi ketua memegang pendapat harus ada 40 orang dewasa, sedangkan masjid baiturrahim ini berada di Kawasan rt 02 saja, yang mana beberapa dari warganya tidak semua ada di rumahnya masing-masing. Ada yang bekerja, sekolah dll. Oleh karena itu ketua DKM menolaknya.

Ketika tahun 2019, saat itulah dunia sedang gempar dengan kedatangan virus yang mematikan yang berasal dari wuhan,China. Sehingga UNISCO memberikan beberapa peraturan kepada warga seluruh dunia. Mulai dari memakai masker, kurangi untuk keluar rumah, jaga jarak 1 meter, harus menggunakan sanitizer Ketika berpergian, termasuk harus menjaga jarak Ketika sholat. Bahkan beberapa masjid jami harus di tutup, sekolah serta beberapa perusahaan memerintahkan para siswa dan karyawan untuk melakukan belajar dan bekerja nya di rumah, melalui media online. Dan MUI pun mengeluarkan fatwa, bahwasanya boleh melaksanakan sholat jum'at minimal 5 orang jama'ah. Ini pun menjadi kesempatan para pengurus untuk melaksanakan sholat jum'at di masjid. Kenapa bisa melaksanakan sholat Jum'at di Masjid Baiturrahim? Karena Masjid Baiturrahim merupakan Masjid yang berada di tengah Kawasan masyarakat, sehingga tidak ada orang luar memasuki Kawasan tersebut. Di karenakan warga bekerja di rumah masing-masing, Adapun yang biasanya pergi melaksanakan sholat Jum'at di Masjid lain, maka Ketika covid 19, para warga melaksanakan Shalat Jum'at di Masjid Baiturrahim. Yang awalnya beberapa minngu sebelumnya hanya 3-6 jama'ah, maka seiiring berjalannya waktu, para jamaah pun semakin bertambah banyak. Di tambah adanya beberapa program yang ada. Maka para pengurus sangat bersyukur di balik penderitaan akibat covid 19, ternyata ada banyak hikmah juga yang di dapat, termasuk terlaksananya sholat Jum'at berjamaah

Reporter, Rifqi Muhammad Rofiqi
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. KPI 3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023