DKM Nurul Islam: Perjuangan Muslim dan Doa sebagai Bentuk Jihad

Dakwahpos.com , Bandung - Pada hari Jumat 27/10/2023, DKM Nurul Islam yang berlokasi di Jl. Cigending No.29, Kec. Ujung Berung, Kota Bandung melaksanakan Shalat Jumat. Khutbah kali ini disampaikan oleh Hendri, S.Pd dengan tema Perjuangan Seorang Muslim Terhadap Muslim Lainnya.

Dalam khutbahnya, Hendri menyampaikan bahwa saudara muslim yang jauh dari Indonesia yaitu Palestina sedang berjuang mempertahankan agamanya dari serangan Zionis Israel. Walaupun begitu, ini merupakan ketetapan dari Allah SWT untuk merasa dalam diri adanya rasa empati terhadap saudara muslim disana, dijelaskan dalam Surah al-Hujurat ayat 10.

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ
Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.

"Kita sebagai mukmin, karena disana ada saudara kita yang sedang di dzolimi. Minimal kita merasakan rasa empati dan minimal jika kita belum bisa jihad secara nafsih, lakukanlah jihad secara hartanya, sekecil apapun itu akan membantu mereka" Ungkap Hendri.

Menurut Hendri, jika belum bisa membantu secara harta, maka lakukanlah jihad yang bisa dilakukan semua orang yaitu dengan melalui do'a. Dan haruslah dalam diri sendiri bertekad ingin membela negeri Palestina yang jauh disana.

Dalam akhir khutbahnya, Hendri menyampaikan banyak alasan mengapa dalam diri harus bertekad membela Palestina. Dan Allah memberikan kita kemudahan dalam membantu sesama saudara kita yaitu melalui do'a.

Penulis, Mahasiswa KPI 3C - Muhammad Farhan Sayyid Helmi

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023