Dari Tugas Negara Jadi Tugas Mulia, Dari Polisi Jadi Ketua Dewan Kemakmuran Masjid

Dakwahpos.com, Bandung - H. Arif atau yang biasa dipanggil 'Pak Haji' ini merupakan ketua DKM Bir 'Ali yang dipilih secara demokratis pada bulan Mei 2023.

Ketua DKM Bir 'Ali sudah bergilir sejak dibangunnya masjid ini, yakni pada tahun 2014. Adapun Arif merupakan Ketua DKM  generasi ke empat setelah M. Zunan yang menjabat selama tiga tahun lamanya. 

Sebelum menjadi Ketua DKM, ia merupakan seorang polisi yang bertugas di Polda Jawa Barat sejak tahun 198 hingga 2020, tepatnya disamping Kampus 2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan ia juga sudah sering mengikuti kegiatan rapat-rapat dengan pengurus masjid. 

"Tepatnya sebelum covid, saya sudah ikut rapat-rapat bersama para pengurus dan jamaah masjid lainnya", ujarnya.

Ia dipilih secara demokratis oleh jemaah masjid lainnya dan uniknya hanya ada satu calon saja, jadi otomatis H. Arif terpilih sebagai ketua DKM yang sah.

"Sistem pemilihannya itu dipilih oleh masyarakat secara demokratis, dan hanya ada satu calon saja, cuma saya, jadi otomatis saya yang terpilih, tapi itu juga melalui pemilihan, tidak ditunjuk," ujar H. Arif

Namun, sebelum ia menjadi Ketua DKM ia terlebih dahulu berhenti dari profesinya sebagai polisi dan ia merupakan jemaah masjid disana. 

"Tapi, sebelumnya juga saya merupakan jamaah masjid disini, jadi bukan orang asing," jelasnya. 

"Saya berhenti dulu jadi polisi, baru dipilih jadi DKM," lanjutnya.

Selama masa kepengurusannya itu, Arif akan mendirikan TPA (Tempat Penitipan Anak), kantin masjid, tempat parkir yang luas dan perpustakaan. Namun untuk sekarang yang sudah terwujud baru TPA dan perpustakaan.

"Rencana saya yaitu akan mendirikan TPA, dan itu sudah. Selanjutnya itu sedang proses pembangunan kantin masjid dan tempat parkir supaya lebih luas untuk tempat parkirnya, dan untuk perpus akan ditempatkan diluar supaya lebih preventif dan enak dibaca," tandasnya.

Reporter : Zidan Muhammad Sirojudin, KPI/3D.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023