Bir 'Ali, Nama Masjid yang Diambil dari Nama Pewakaf

Dakwahpos.com, Bandung - Bir 'Ali, merupakan sebuah masjid yang terletak di Cipadung Kidul ini ialah hasil tanah wakaf dari salah seorang warga yang berada disekitar sana. Masjid yang dahulunya merupakan lahan sawah yang mengering dan dipakai untuk lahan perkebunan ini ialah wakaf dari seorang yang sangat mulia.

"Awalnya disini itu lahan kosong, yang asalnya sawah kemudian mengering, setelah mengering jadilah kebun dan diwakafkan untuk pembangunan masjid", ujar H. Arif selaku DKM Bir 'Ali.

Masjid ini dibangun sejak tahun 2014 dan dari dahulu hingga sekarang bangunannya tidak mengalami perubahan, namun begitu tetap aktif digunakan untuk salat berjama'ah lima waktu. Akan tetapi, yang menarik disini ialah bukan pembangunannya, melainkan nama masjid yang diambil dari nama pewakaf yakni H. Bir 'Ali. Ia mewakafkan tanah dengan tujuan untuk pembangunan masjid.

"Dinamailah Bir 'Ali, karena yang mewakafkan tanahnya juga Pak Bir 'Ali dulunya,"ujar H. Arif lebih lanjut. 

Kemudian setelah lebih dari dua tahun terdapat keresahan dari warga-warga sekitar supaya masjid ini dapat dipakai untuk melaksanakan salat Jum'at. Hal itu disebabkan karena banyaknya permintaan dari warga dan banyaknya masyarakat yang berada disekitar masjid. 

"Memang dibangun sebesar ini, cuman awal-awalnya itu tidak untuk Jum'atan, Jum'atan paling sekitar dua tahunan setelah saya ada dan ikut-ikut rapat,"ujar H. Arif selaku DKM Bir 'Ali. 

Reporter : Zidan Muhammad Sirojudin, KPI/3D.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023