Sejarah Berdirinya Masjid Al-Muhajirin Baleendah: Dari Warga, Oleh Warga, Untuk Warga

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Al-Muhajirin Baleendah yang beralamat di Komplek Graha Sari Endah Jl. Duren ini merupakan satu satunya masjid di perumahan tersebut. Masjid ini berdiri pada tahun 2009 tepatnya 9 tahun setelah perumahan tersebut selesai pembangunannya.

Meskipun tidak ada ciri khas pada bangunannya ternyata masjid ini mempunyai sejarah pada masa pembangunannya, yang dimana pembangunan awal masjid tersebut dilakukan secara gotong royong oleh hampir seluruh warga Graha Sari Endah. Yang dimana gotong royong tersebut membangun kekompakan bagi warganya.

"Masjid ini berdiri atas keinginan warga. Dari warga, oleh warga, untuk warga. Saya masih ingat kata kata itu yang di ucapkan oleh seorang anak kecil pada saat gotong royong berlangsung". Ungkap O'jie Marie selaku bendahara DKM Al-Muhajirin.

"Nama Al-Muhajirin sendiri diambil dari kaum Muhajirin, karena dulu hampir semua warga disini adalah orang yang merantau baik dari luar bandung maupun luar pulau jawa. Jadi kami memberi nama masjid ini Al-Muhajirin. Ujar O'jie.

Sebagai satu satunya masjid di perumahan tersebut. Masjid Al-Muhajirin bukan hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi tempat bersejarah bagi warga setempat. Dengan dukungan semua warga masjid ini berdiri dan hingga saat ini terus menjadi pusat ibadah umat muslim di wilayah tersebut sekaligus kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh warga.

Reporter : Yosua Dwi Putra Bukop / KPI 3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023