Berjibaku Bersama Warga Ujung Berung dalam Pembangunan Masjid Muhajirin

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat Islam. Bukan hanya sebagai tempat beribadah salat saja, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam. Oleh karena itu, peran masjid mempunyai posisi yang sangat sentral.

Masjid Muhajirin yang beralamat di Kecamatan Ujung Berung ini selesai dibangun dan diresmikan pada tahun 2005. Masjid ini dibangun dikarenakan di daerah tersebut pada saat itu sedang dibangun juga komplek perumahan yang mana di daerah tersebut juga belum ada satupun masjid yang dibangun. Hanya membutuhkan waktu kurang dari satu tahun untuk membangun masjid ini.

"Tujuan dari dibangunnya Masjid Muhajirin tidak lain dikarenakan pada saat itu kan sedang dibangun juga komplek yang mana komplek ini besar tapi tidak memiliki masjid yang dekat. Oleh karena itu, warga pada saat itu berinisiatif untuk membangun masjid ini yang awalnya hanya musala saja," ujar Saridjo selaku ketua DKM saat ini.

Berawal dari usulan warga yang mengeluhkan tidak adanya masjid terdekat, akhirnya warga mengumpulan dana dan dana terkumpul, akhirnya pada tahun 2005 awal mulailah dibangun di tanah yang diwakfkan dan sampai saat ini masjid ini sangat berguna untuk masyarakat.

"Alhamdulillah pengumpulan dana pada saat itu tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga masjid pun dapat dengan cepat dibangun yang menyumbang dana tidak hanya dari warga yang muslim, melainkan dari yang non muslim juga. Alhamdulillah juga sejauh ini masjid sudah 2 lantai dan kita terus berbenah untuk kenyamanan juga," tandas Saridjo.

Warga non muslim disekitar pun sangat antusias dengan dibangunnya masjid ini dan tidak ada penolakan dari mereka. Bahkan terkadang mereka selalu terlibat dalam membantu pembangunan atau terkadang selalu memberi makanan dan terlibat kerja bakti dalam pembangunan.

Reporter: Bintang Muhammad Rafi KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023