Ustazah Reni Meilani: Guru Harus Ikhlas dalam Mengajar

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid An-Nur kembali mengadakan pengajian ibu-ibu pada hari Rabu (11/10/2023). Kegiatan yang berlokasi di Kampung Sukasari, Katapang, Kabupaten Bandung ini rutin diselenggarakan setiap hari Rabu setelah salat asar. Jadi, ketika anak-anaknya mengikuti kegiatan belajar-mengajar di kelas, ibunya mengikuti pengajian.

Pengajian dipimpin oleh Ustazah Reni Meilani, S. Pd. yang membawakan judul "Adab Guru Kepada Muridnya". Ustazah Reni mengungkapkan bahwa adab yang harus dimiliki oleh seorang guru antara lain harus mencari rida Allah, harus ikhlas dalam mengajar walaupun mengalami banyak cobaan, harus mencintai muridnya dan ingin ada kemajuan terhadap muridnya, bisa membuat metode pengajaran yang mudah dipahami, semangat dalam mengajar, memberikan waktu kepada murid untuk menghafalkan materi, kalau terdapat murid yang terlalu bersemangat sampai lupa waktu harus diingatkan, senang memuji murid ketika berhasil dan menyemangati ketika gagal, harus rendah hati serta berbicara yang baik.

Profesi guru bukanlah profesi yang mudah. Guru akan mendapatkan banyak cobaan, misalnya gaji yang kecil, kesulitan mengajar murid, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mengajarkan ilmu kepada murid dapat membuat guru mendapatkan banyak pahala, ilmu dan manfaat, serta do'a dari anak-anak murid yang saleh.

Ustazah Reni berpesan, "Salaku guru, urang teu kengeng ngabanding-bandingkeun antara murid hiji ka murid sanesna." Yang artinya, sebagai guru tidak boleh membandingkan murid yang satu dengan murid lainnya. Hal ini akan berdampak buruk pada kondisi psikis anak. Semua murid sama kedudukannya, dan perlu diperlakukan sesuai. Murid yang memiliki kekurangan perlu didorong lebih oleh guru supaya sama-sama mendapatkan kemajuan.

"Guru kedah ngajantenkeun mikacinta ka murid. Hoyong aya kamajuan, sehat, tenang, nyaman, kedah kitu niatna ka murid," ucap Ustazah Reni. Guru perlu mencintai dan menyayangi muridnya. Jangan sampai guru tidak memiliki kesabaran. Guru perlu menuntun muridnya ke arah yang baik. Oleh karena itu, ketika seseorang ingin menjadi guru, sudah harus siap dengan segala konsekuensinya.

Reporter: Reyditha Amelia. KPI/3D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023