Ustaz Rizki Ghamara: Luasnya Rahmat dan Ampunan Allah Swt

Dakwahpos.com, Bandung - Kegiatan salat Jumat berjemaah yang diselenggarakan oleh DKM Jami Al-Hasan Cileunyi mengangkat materi khotbah tentang betapa luasnya rahmat serta ampunan Allah Swt. Hal tersebut disampaikan oleh Ustaz Rizki Ghamara pada kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, (20/10/2023).

Ustaz Rizki Ghamara membuka khotbahnya dengan penjelasan tentang definisi rahmat. Beliau menuturkan bahwa rahmat dimaknai sebagai kasih sayang. Rahmat di sini diartikan sebagai kasih sayang Allah yang diberikan kepada setiap manusia yang ada di dunia

"Saat ini kita berada dalam fase paling akhir dalam perjalanan di dunia ini. Tidak ada satu pun dari kita, seluruh umat manusia terkecuali para nabi dan rasul yang tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Setiap pandangan mata kita, setiap ucapan kita, setiap apa yang kita dengar, dan apa yang kita rasakan tidak akan pernah lepas dari kesalahan," ujar Ustaz Rizki Ghamara.

Kemudian beliau menambahkan, salah dan dosa yang diperbuat oleh seorang hamba tidak sebanding dengan rahmat dan kasih sayang yang diberikan oleh-Nya. Kita dilarang untuk berputus asa atas rahmat Allah, hal ini selaras dengan ayat dalam QS. Az-Zumar ayat 53.

"Allah Swt. memiliki salah satu bentuk rahmat paling agung, yakni rahmat-Nya yang tidak terhingga dalam memaafkan segala dosa hamba-hambanya. Allah pula senantiasa memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk memperbaiki diri," tambah Ustaz Rizki Ghamara.

Di penghujung khotbahnya, beliau menuturkan bentuk rahmat bukan hanya untuk diri pribadi, melainkan untuk orang di sekitar pula. Diharapkan para jemaah dapat terlibat dalam berbagai amal kebaikan dan menolong sesama. Dengan hal itu, diharapkan bisa menjadi penyalur rahmat dari Allah Swt. bagi orang-orang yang membutuhkan.

Reporter: Annisa Nala Raihan KPI 3A

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023