Ustaz Abdul Majid Isi Majelis Talim Baitul Hikmah Bahas Ahlak Ahlak Seorang Alim

Dakwahpos.com, Bandung – Ustaz Dr. H. Abdul Majid, M.Pd.I menyampaikan ceramahnya pada pengajian majelis talim bapak bapak baitul hikmah yang dilaksanakan di Masjid Baitul Hikmah Cipadung, setelah magrib sampai isya, pada hari Selasa  (24/10/2023).

Kegiatan ini rutin diadakan setiap satu kali dalam sepekan yang dilaksanakan pada Selasa malam dengan Ustaz Abdul Majid sebagai narasumber, dan untuk materi yang disampaikan bersumber dari kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali. Kemudian DKM Baitul Hikmah Ustaz Hamzah Lathif Akbar Ash-Shiddiq mengatakan bahwa majelis taklim bapak bapak ini sudah berjalan selama satu tahun.

Pada Selasa ini materi yang dibahas mengenai ahlak ahlak seorang yang 'aalim atau orang yang tau, orang yang berilmu. Ustaz Abdul Majid mengatakan terdapat tujuh belas ahlak ahlak seorang alim, namun hanya empat saja yang baru tersampaikan. Pertama seorang alim harus sabar dan tenang, tidak tergesa gesa.

"Sabar itu dalam rangka melaksanakan perintah Allah sabar dalam rangka menjauhi larangan Allah, kalau dalam mencari ilmu di antara sifat sabar itu yang wajibnya bukan bisanya tapi kita berjalan menghadiri majelis majelis ilmu. Selain sabar juga harus tenang, tidak tergesa gesa, kenapa ?  karena salah satu alasan tidak terkabulnya doa itu karena tergesa gesa, orang yang tergesa gesa itu adalah orang ketika berdoa dan merasa doanya tidak diberi tidak dikabulkan oleh Allah, maka ia tidak berdoa lagi", terangnya.

Kedua duduk dengan santun, " Duduk dengan sopan dengan santun dalam artian ketika mencari ilmu, ketika menghadap Allah adab nya harus tawadu, dibarengi dengan menundukan niat, kepala dan mata dalam artian khusyu, dan meninggalkan sifat sombong," jelasnya.

Ketiga menghindari canda tawa yang berlebihan dan keempat lemah lembut kepada orang yang sedang belajar. Mengenai ahlak keempat ini Ustaz Abdul Majid menjelaskan bahwa seorang alim haruslah bersikap lemah lembut terhadap orang yang sedang belajar walaupun terhadap anak yang kurang bersikap baik atau nakal dan berkemampuan lemah.

"Makanya dalam Al-Qur'an dikatakan berdakwah dengan hikmah terlebih dahulu. Mendoakan anak, jangan mudah marah dan seorang mualim jangan sungkan untuk mengatakan saya tidak tahu atau saya belum tau, harus jujur", terang Ustaz Abdul Majid.

DKM Baitul Hikmah mengatakan bahwa tujuan diadakannya majelis  talim ini agar dapat membuat wasilah dan sarana pembelajaran serta wawasan pengetahuan keilmuan dasar keislaman, tidak saja untuk bapak-bapak tetapi untuk semua kalangan kaum muslimin baik di lingkungan Masjid Baitul Hikmah Easternhills Cipadung maupun diluar itu.
 
Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana silaturrahim dan semakin banyak peserta kajian dari semua kalangan sehingga dapat menjadi wadah bagi kelas kelas pengetahuan.


Reporter : Sri Wulandari 3/D 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023