Tingkatkan Kemampuan Anak, Masjid Nurul Amal Adakan Setoran Hapalan

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Nurul Amal yang beralamatkan di desa Pasir Biru kecamatan Cibiru kabupaten Bandung mengadakan kegiatan rutinan setelah selesai sholat magrib yaitu magrib mengaji.

Sembari menunggu salat isya berjamaah Masjid Nurul Amal mengisinya dengan kegiatan Magrib mengaji yang diikuti oleh anak TK sampai dengan kelas 6 SD, kelasnya dibagi menjadi 3 kelas, ada kelas A Kelas B dan Kelas C, materi yang disampaikan setiap malamnya berbeda-beda, anak-anak juga disuruh untuk menghapal dan nantinya disetorkan kepada para pengajar, kelas A menghapal doa wudhu, kelas B menghapal bacaan sholat dan kelas C menghafal hadits. Sebagian anak-anak mempersiapkan hapalan dirumahnya, ketika kegiatan dimulai tinggal memurajaah yang akan disetorkannya, ada juga yang menghapalnya secara dadakan.

Alasan diadakannya setoran hapalan menurut Faridah salah satu pengajar Masjid Nurul Amal supaya melatih atau mengasah kemampuan anak-anak dalam menghafal apalagi bacaan doa wudhu dan salat merupakan kewajiban pertama bagi setiap muslim dan amalan pertama yang akan ditanya di akhirat nanti.

Dikutip dari hadist nabi Muhammad Saw:

"Amalan seorang hamba yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah salat. Jika salatnya baik maka baiklah seluruh amalannya dan jika buruk maka buruklah seluruh amalannya." (HR. Bukhari)

"harapan nya pasti apa yang di sampaikan pendidik kepada santri tercapai semuanya dan menjadi ilmu bekal bagi kehidupan nya masing-masing, serta mengamalkan nya ke generasi-generasi selanjutnya supaya kita juga dapat amal keberkahan mencakup semuanya dari doa, bahasa arab, tajwid, hadis, dan lainnya. " Ucap Ayi salah satu pengajar Masjid Nurul Amal.

Reporter : Rohimah Nurbaeti 3/D

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023