Tanamkan Rasa Cinta terhadap Tradisi Islam, Masjid Asy-Syafi’iyah Al-Istiqomah Cicalengka Adakan Baca Surah Yasin

Dakwahpos.com, Bandung - Kegiatan pembacaan surah yasin (12/10/2023) oleh anak anak pengajian masjid Asy-Syafi'iyah Al-Istiqomah Cicalengka. hal ini menjadi bagian dalam kegiatan rutin anak anak pengajian untuk menanamkan rasa cinta terhadap tradisi keagamaan dan mengamalkan apa yang sudah mereka pelajari sebelumnya.

Masyarakat sekitar masih melestarikan tradisi membaca surah yasin di malam Jumat. Tradisi ini sudah berlangsung sejak lama dan masih banyak diminati oleh masyarakat. Dalam kegiatan ini pihak dkm mewajibkan anak anak pengajian terlibat dalam kegiatan tersebut. Namun tidak juga membatasi masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

Walaupun dalam kenyataan nya tidak seluruh masyarakat sekitar terbiasa dengan tradisi tersebut karena alasan perbedaan landasan pemikiran ulama, kegiatan ini tidak ditinggalkan begitu saja. "kegiatan ini menjadi salah satu cara agar masjid tetap hidup" ujar Amin, salah satu ustaz di sana. Walaupun kegiatan ini terus dilakukan, namun kegiatan ini sama sekali tidak menimbulkan perpecahan diantara masyarakat sekitar.

Seusai salat magrib dan isya yang dipimpin oleh salah satu ustaz disana, anak anak dan para warga langsung melaksanakan kegiatan tersebut. Didalamnya, Tak hanya membacakan surah yasin, kegiatan di malam yang penuh barokah tersebut diadakan juga kegiatan pembacaan selawat nabi sesudah nya.
 
Tradisi membaca surat yasin di malam Jumat ini merupakan salah satu bentuk upaya masyarakat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Selain itu, menurut Ade, salah satu masyarakat yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan "tradisi ini juga dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan saling mendoakan bagi masyarakat sekitar".

Reporter: Alifa Athaya KPI 3A

Tidak ada komentar

© Dakwahpos 2024