Tanamkan Disiplin Sejak Dini, Program Madrasatuna Al-Maksudi Rancabolang Tekankan Nilai Adab

Dakwahpos.com, Bandung - Program Madrasatuna yang berarti sekolah kita, yang digelar di Masjid Al-Maksudi Rancabolang memberikan pengajaran adab kepada para siswanya. Pengajaran nilai nilai adab ini disampaikan melalui aturan belajar, penyampaian hadis, kegiatan menonton film dan kegiatan operasi semut (9/10/2023).

Ustazah Al-Maksudi, Shakira mengungkapkan bahwa Madrasatuna sebagai salah satu program yang diselenggarakan disana selain untuk memfasilitasi para peserta menghafal Al-Qur'an, juga berusaha menanamkan nilai-nilai adab sejak dini.

"Motto Madrasatuna, satu berbakti pada orang tua, beradab mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas, nah thats why kalau misalnya setiap jumat, suka ngasih tahu sama orang tua harus begini, kenapa harus rapih, badan harus sehat gak boleh ada perkelahian, kadang kan mereka main, terus juga suka tanggung jawab, kadang kan abis main pesawat-pesawatan, atau anak kecil suka buang kertas dimana mana, makanya aku suruh buat operasi semut," ujar Shakira. (9/10/2023)

Ia juga mengungkapkan nilai-nilai adab pun berusaha disampaikan melalui hadis-hadis, kegiatan menonton film kepada para peserta agar mereka memahami akan pentingnya adab "biar mereka belajar bertanggung jawab dan mereka tuh kadang kan, anak kecil jaman sekarang apalagi kalau udah terpengaruhi sama game gitu ya kayak udah bakal acuh, apalagi kalau anak kecil sekarang makin ditegur, dia makin keras," tambahnya.

Program Madrasatuna ini dimulai sekitar pukul 4 sore, kemudian di lanjut dengan pemberian muqoddimah  lalu pemanduan bacaan tilawah selama 10 menit, setelah itu dengan pembelajaran matan yang berisi tajwid dan pengenalan huruf-huruf arab. Setelah pemanduan tilawah dan tahsin selesai, kegiatan di lanjut dengan setoran hafalan dan pembacaan Al-Quran secara berkelompok, lalu ditutup oleh kegiatan baris berbaris dan operasi semut.

Reporter: Kania Rahmawinata Mahasiswi KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023