Prof. H. Dindin: Sabar Bukan Hanya Dalam Menghadapi Musibah

 

 
Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Al-Mubarak yang bertempat di Jl. Cibiruhilir No.23 RT.01 Rw.02, Cibiru Hilir, Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, selenggarakan pengajian kitab Riyadul Al-Salihin pada Ahad (08/10/2023). Pengajian ini dipimpin oleh oleh Prof. Dr. H. Dindin Solahudin, MA, CHRA dan diikuti oleh segenap masyarakat Cibiru Hilir dan para santri Al-Ihsan.

Prof. Dindin menjelaskan beberapa keterangan nash yang termaktub dalam kitab Riyadul Al-Salihin­ tentang macam-macam sabar dan manfaatnya. Beliau mengklasifikasikan sabar dalam 3(tiga) bagian, pertama sabar dalam menghadapi ketaatan, kedua sabar dalam menjauhi kemaksiatan, ketiga sabar dalam menghadapi musibah.

Dalam Al-Quran surat muhammad ayat 31 juga dijelaskan oleh beliau bahwasanya Allah menyeleksi hamba-hambanya dengan sabar agar terlihat siapa yang benar-benar berjuang di jalan Allah. Di ayat lain juga dijelaskan oleh beliau bahwasanya pahala bagi orang-orang yang sabar itu tidak terhitung.

”Seseorang yang salat akan mendapatkan cahaya, cahaya iman dan hidayah. Orang yang tidak sabar dalam melaksanakan salat akan disederajatkan dengan Fir'aun, Qorun, dan Haman. Sabar sering kali dikaitkan dengan hal-hal buruk yang dihadapi manusia, padahal ada sabar terhadap ketaatan dan ibadah kepadah Allah Swt”, tutur Prof. Dindin.

Di penghujung pengajian, penceramah mengingatkan kembali kepada para jemaah agar senantiasa sabar dalam menjalani ibadah, menjauhi kemaksiatan, dan menghadapi musibah. Karena dauhnya "Allah senantiasa bersama orang-orang yang bersabar dalam segala aspek apapun".

Reporter : Maulana Abdullah, KPI 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023