DKM At-Taqwa Darul Muttaqien Cibeureum Selenggarakan Pengajian Rabu

Dakwahpos.com, Bandung - pada kamis, Masjid Jami At-Taqwa Darul Muttaqin menggelar pengajian rutinan JIBO ( Pengajian rabu ibu-ibu ). Ustad menyampaikan ceramah di DKM Jami At- Taqwa Darul muttaqin, Cibereum, Cimahi Selatan, dengan tema " Kiat Menjaga Rahasia Suami Istri." Acara yang di hadiri puluhan jamaah ibu- ibu dari warga lingkungan DKM Jami At-Taqwa Darul Muttaqien pada tanggal (11/10/23), dari jam 10.00 WIB hingga waktu dzuhur.

Pengajian ini diisi oleh ustad H Yayat Supriatna, S. Ag., M. pd. I dan bertujuan agar suami dan istri di antara hak-haknya untuk menjaga rahasia mereka berdua, jangan sampai seorang suami membocorkan rahasia istrinya dan jangan juga seorang istri membocorkan rahasia suaminya. Karena dalam islam, menjaga rahasia itu adalah termasuk amanah. Kalau kita ternyata disaat diamanahi untuk menjaga rahasia, ternyata kita bocorkan, kita sampaikan kepada orang lain, sehingga menjadi rahasia umum, maka berarti kita sudah menjadi orang yang terkena penyakit nifak yaitu kemunafikan. Rasullullah Shallalahu 'Alaihi wa Salam bersabda: "Tanda orang munafik itu tiga, diantaranya apabila diberikan amanah dia berkhianat" [HR. Muslim no. 59]

Kewajiban suami dan istri ya untuk bisa saling menjaga rahasia, terutama rahasia rumah tangga, tentu tidak mungkin kita bisa menjaganya. Apalagi itu kalau termasuk aib-aib suami, jelas ini termasuk ghibah yang diharamkan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Bolehnya kita menceritakan tentang sesuatu yang sifatnya aib, kalau memang kita ingin mendapatkan seorang bagaimana kita harus menghadapi. 

Sebagaimana seorang wanita dahulu bernama Khaulah mengadukan suaminya kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, di mana Khaulah ingin mencari solusi apa yang harus dilakukan. Maka Allah turunkan firman-nya:

"Sungguh, Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepadamu (Muhammad) tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar percakapan antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat." [QS. Al-Mujadila: 1]

Hendaklah suami dan istri mengetahui mana perkara yang bisa kita ceritakan kepada orang lain, dan mana perkara yang kita tidak boleh menceritakannya kepada orang lain, karena itu merupakan rahasia rumah tangga kita. Hal-hal yang sensitif, hal-hal yang hubungan antara suami dan istri, demikian pula aib-aib yang dimiliki oleh pasangan kita yang kebetulan kita mengetahuinya, wajib kita sembunyikan semaksimal mungkin, Ungkap ustad Yayat Supriatna.

Kegiatan seperti ini diadakan rutin tiap pekan oleh DKM Jami At-Taqwa Darul Muttaqin dan di sini oleh penceramah asatidz yang berbeda beda.

Dengan diadakannya kegiatan pengajian ini DKM At-Taqwa Darul Muttaqin berharap dapat memberikan manfaat dari jaamaah yang hadir, serta menjadi sarana untuk bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antar warga sekitar. 

Reporter: Resvy Sahidah Umaroh, KPI 3/D





Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023