Peringati Maulid Nabi SAW, DKM Bir 'Ali Cipadung Kidul Gelar Pengajian Dengan Tema Tholabul Ilmi

Dakwahpos.com, Bandung - Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, maka dari itu DKM Bir 'Ali juga ikut serta dalam memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW dengan diadakannya pengajian yang bertemakan tholabul ilmi, Kamis (19/10/23).

Dalam pengajian itu yang menjadi penceramahnya ialah Ustaz H. Yayan, beliau menyampaikan materi yang sedikit berbeda dari biasanya. Penceramah pada umumnya membahas tentang sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW., dan sebagainya tetapi beliau membahas tentang tholabul ilmi.

Pada kesempatan kali ini Ustaz H. Yayan menjelaskan bahwa pelajaran yang dapat diambil dari kata tholabul ilmi ialah memiliki tiga aspek yaitu ibadah, nikmat, dan syukur.

"Tholabul ilmi itu mencakup tiga aspek, adapun aspek yang pertama ialah tholabul ilmi sebagai ibadah, aspek kedua sebagai nikmat, dan aspek ketiga tholabul ilmi sebagai rasa syukur", ujar Ustaz H. Yayan

Kemudian, Ustaz H. Yayan menjelaskan bahwa tholabul ilmi dikatakan sebagai ibadah karena sesuai dengan hadis Nabi SAW.

"Ibadah itu bagian dari tholabul ilmi, sebagaimana dalam hadis Nabi beliau bersabda : uthlubul 'ilma minal mahdi ilal lahdi. Bahwa mencari ilmu itu wajib dari buaian hingga masuk liang lahat," ujar Ustaz H. Yayan pada pengajian itu. 

Ustaz H. Yayan juga menjelaskan mengapa nikmat merupakan bagian dari tholabul ilmi karena dengan tholabul ilmi kita bisa merasakan nikmatnya ilmu, nikmatnya bersosialisasi, dan dengan masih bisanya mencari ilmu merupakan nikmat terbesar.

Selain itu pada aspek terakhir yaitu syukur, beliau menyampaikan bahwa dengan tholabul ilmi merupakan implementasi dari rasa syukur kita terhadap nikmat yang telah diberikan oleh Allah swt. 

"Pada aspek ketiga ini yaitu syukur, tholabul ilmi sebagai rasa syukur kita atas karunia yang telah kita terima dari Allah, baik itu sehat, kelapangan rezeki, bahkan sampai masih bisa berjalan sekali pun," ujar Ustaz H. Yayan sekaligus menutup pengajian itu.

Reporter : Zidan Muhammad Sirojudin, KPI/3D.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023