Pengajian Remaja Masjid Al-Muhajirin : Mencari Kebahagiaan yang Sejati

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Al-Muhajirin Antapani Kidul, Jl. Jayapura No 02 Antapani Kidul, Kec. Antapani, Bandung mengadakan pengajian remaja bertemakan "Ilmu Sumber Kebahagiaan" pada sore hari Rabu (18/10/2023), pengajian ini dimulai pukul 16.00-17.00. Pengajian ini rutin dilaksanakan setiap minggu dan dihadiri 25 orang, mulai usia 10 tahun hingga 16 tahun. Selain itu, orang dewasa pun ikut menghadiri kajian ini sekitar 10 orang. 

Pengajian ini diisi oleh Ustadz Dr. Ahmad Hanafi, M.Ag., seorang pakar ilmu agama dan psikologi. Dalam ceramahnya, Ustadz Hanafi menjelaskan bahwa kebahagiaan merupakan salah satu tujuan hidup manusia. Kebahagiaan dapat dicapai dengan berbagai cara, namun ada beberapa sumber kebahagiaan yang bersifat universal.

Ustadz Hanafi menyampaikan bahwa sumber kebahagiaan yang sejati adalah kedekatan dengan Allah Swt. Kita akan merasakan ketenangan dan rasa aman di dalam hati. Kita juga akan merasa lebih bersyukur atas segala nikmat yang Allah Swt berikan kepada kita.

Untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, kita dapat melakukan berbagai ibadah, seperti sholat, puasa, zakat, dan haji. Kita juga dapat membaca Al-Qur'an, berdzikir, dan bertafakur. Selain itu, kita juga harus berusaha untuk meneladani Rasulullah Saw dalam kehidupan sehari-hari.

Selain kedekatan dengan Allah Swt, ada beberapa sumber kebahagiaan lainnya yang dapat kita peroleh, yaitu hubungan sosial yang baik dengan orang lain. 

Ketika kita memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang lain, kita akan merasa dicintai dan dihargai. Kita juga akan merasa memiliki tempat untuk berbagi suka dan duka.

Ustadz Hanafi juga memberikan beberapa tips untuk mencapai kebahagiaan, yaitu:
Kenali diri sendiri. Kita harus mengetahui apa yang membuat kita bahagia dan apa yang tidak. Jika kita sudah mengetahui apa yang membuat kita bahagia, maka kita dapat berusaha untuk mewujudkannya.

Kemudian Bersikap positif akan membantu kita untuk melihat sisi baik dari setiap hal. Ketika kita bersikap positif, kita akan lebih mudah untuk menghadapi berbagai tantangan hidup.

Lakukan hal-hal yang kita sukai. Melakukan hal-hal yang kita sukai akan membuat kita merasa lebih bahagia dan lebih produktif.
Bergaul dengan orang-orang yang positif. Orang-orang yang positif akan memberikan energi positif kepada kita. Ketika kita bergaul dengan orang-orang yang positif, kita akan lebih mudah untuk merasa bahagia.

Bersyukur atas segala nikmat yang Allah SWT berikan. Bersyukur akan membuat kita lebih bahagia dan lebih termotivasi untuk melakukan kebaikan.

Ustadz Hanafi menutup ceramahnya dengan mengajak jamaah untuk selalu berusaha mencari sumber kebahagiaan dalam hidup. Kebahagiaan yang sejati adalah kebahagiaan yang diperoleh dari kedekatan dengan Allah SWT.

Reporter : Mutiara Widya Kumala KPI/3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023