Pengajian Bapak-Bapak Masjid Jami Al-Anshari Cipadung Bahas isi Kandungan Surat Yasin 65


 Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Jami Al-Anshari, Cipadung, Kecamatan Cibiru, Bandung, menggelar rutinan pengajian bapak-bapak yang dilaksanakan setiap minggunya, pada Sabtu (26/09/2023). pengajian tersebut dimulai setelah pelaksanaan salat magrib hingga waktu Isya. Ustaz Ujang yat Sutaryat yang biasa dipanggil Ustaz Ujang , dengan mengambil tema "Isi Kandungan Surah Yasin 65 dan Implikasinya dalam Kehidupan Sehari-hari".

 Dalam ceramahnya, Ustaz Ujang menyampaikan bahwa Surah Yasin ayat 65 merupakan ayat yang sangat penting, karena mengingatkan kita tentang hari kiamat dan pertanggungjawaban kita di hadapan Allah SWT. 

 Firman Allah SWT:
 يوم نختم على أفواههم وتكلمنا أيديهم وتشهد أرجلهم بما كانوا يكسبون
 (Pada hari itu Kami tutup mulut mereka; dan berkata kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.) (QS. Yasin: 65) 

Ustadz Ujang menjelaskan bahwa pada hari kiamat, mulut kita akan ditutup, dan anggota tubuh kita akan bersaksi atas perbuatan kita di dunia. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berhati-hati dalam setiap perbuatan kita. 

 Ustaz Ujang juga menyampaikan beberapa hikmah dari Surah Yasin ayat 65, antara lain: 

 • Bahwa Allah SWT mengetahui semua perbuatan kita, baik yang baik maupun yang buruk. 
• Bahwa kita akan dimintai pertanggungjawaban atas semua perbuatan kita di dunia.
 • Bahwa kita harus senantiasa berhati-hati dalam setiap perbuatan kita, dan selalu menjaga lisan kita untuk berbicara hal-hal yang baik.

 Ustaz Ujang juga menjelaskan beberapa implikasi dari Surah Yasin ayat 65 dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

 • Kita harus senantiasa menjaga lisan kita dari perkataan dusta, ghibah, dan fitnah. 
• Kita harus senantiasa menjaga perbuatan kita dari perbuatan maksiat dan kemungkaran. 
• Kita harus senantiasa berbuat baik kepada sesama manusia. Ustadz Ujang mengajak para bapak-bapak untuk merenungkan isi kandungan Surah Yasin ayat 65 dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Beliau berpesan agar kita senantiasa menjadi orang-orang yang beriman dan bertaqwa, dan selalu berbuat baik kepada sesama.

 Pengajian ini dihadiri oleh sekitar 30 orang bapak-bapak jamaah Masjid Jami Al-Anshari. Acara berlangsung dengan khidmat dan interaktif. Para bapak-bapak antusias mendengarkan ceramah Ustaz Ujang dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Salah satu bapak-bapak yang hadir, Bapak Supriyanto, menyampaikan bahwa pengajian ini sangat bermanfaat baginya.

Penulis, Rayhani zakira KPI 3/C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023