Pengajian Anak-anak Masjid Nurul-Falaah Ujung Berung: Wujudkan Generasi Penerus Umat Islam yang Berkualitas

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Nurul-Falaah menyelenggarakan pengajian anak-anak yang beralamat di Jalan Cikoang Ujung Berung. Program pengajian ini diadakan secara rutin pada pukul 16.00 WIB sampai 17.30 WIB Senin, (16/10/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk generasi penerus umat yang berkualitas dengan menerapkan etika moral Islami sejak usia dini.

Pengajian anak-anak diawali dengan pembacaan doa dan ayat suci Al-Qur'an. Pengajian yang diajarkan kepada anak-anak yaitu pembelajaran tentang agama, akhlak, membaca Iqra, Al-Qur'an, serta menghafal dan menulis ayat Al-Qur'an dengan baik dan benar. Dalam pembelajaran hari ini anak-anak fokus pada pembentukkan karakter dan moral yang baik. Hal tersebut membantu mereka dalam mengembangkan pemahaman mendalam tentang ajaran Islam.

"Dalam membentuk generasi penerus yang berkuliatas pada usia dini tentunya memerlukan kesabaran dan konsisten serta fokus pada pembentukan karakter dan moral baik seperti menceritakan kisah-kisah dari kehidupan Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya sebagai contoh teladan. Setelah itu, ajari anak-anak bagaimana menerapkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari seperti berbagi, berempati dan menghormati sesama," ujar Siti rochimah selaku guru ngaji anak-anak Masjid Nurul-Falaah.

Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode bermain, bercerita, aktivitas kreatif dan kebahagiaan secara menyenangkan. Pengajar di Masjid Nurul-Falaah menciptakan suasana pengajian yang nyaman untuk anak-anak. Walaupun, terdapat anak yang belum bisa bahkan masih nol pengetahuan membaca dan menulis Al-Qur'annya. Akan tetapi, pengajar mengusahakan terlebih dahulu anak-anak tersebut nyaman mengaji. Sehingga banyak anak-anak yang hadir untuk tetap mengaji secara antusias dan semangat yang tinggi.

" Harapan saya anak-anak ini menjadi penerus generasi umat islam yang berkuliatas dapat tumbuh dengan cinta dan kesadaran yang kuat terhadap Allah SWT serta dapat berkembang dalam ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi Masyarakat dan agama," ujar Siti rochimah.

Reporter: Hilma Fauziah / KPI 3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023