Kiai Anwar: Hindari Murtad Melalui Etika dalam Ucapan

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Jami Babussalam yang berada di Kelurahan Babakan Asih menggelar kajian subuh dengan mengkaji kitab sullam taufiq bersama Kiai Anwar pada Rabu, (18/10/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan bakda subuh.

Kajian bersama Kiai Anwar ini membahas tentang murtad dan ciri-ciri orang yang masuk dalam kategori itu. Pembahasan dari kajian ini dikaitkan dengan beberapa peristiwa yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Beliau melanjutkan penjelasan dari definisi murtad.

"Murtad ialah keluarnya seseorang dari agama islam dan perbuatan murtad terbagi menjadi tiga hal yakni murtad i'tiqod (keyakinan), murtad fi'iyah (perbuatan), murtad qauliyah (ucapan)," ucap Kiai Anwar.

Menurut Kiai Anwar, saat ini banyak orang yang sembrono dalam berkata-kata dan berkomentar baik secara langsung maupun di media sosial sehingga secara tidak sengaja mengeluarkan dirinya dari agama islam. Sementara orang tersebut sama sekali tidak menganggap bahwa hal itu dosa besar apalagi kufur.

Di akhir kajian, Kiai Anwar mengajak seluruh masyarakat khususnya pemuda dan pemudi untuk menghindari perbuatan tersebut. Dan menjadi generasi yang dapat menjaga ucapan dan etika ketika berkomentar terhadap sesuatu.


Reporter: Husni Jaohari, Mahasiswa KPI/3B




Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023