Pengajian Anak-anak Masjid Al-Mishbah Cipadung : Membangun Generasi Emas dengan Membawa Nilai Keislaman

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Al-Mishbah Cipadung menyelenggarakan pengajian anak-anak. Program pengajian ini diadakan secara rutin pada sore untuk jenjang pendidikan anak usia dini, kemudian pada malam hari setelah Magrib dikhususkan untuk anak jenjang remaja, Sabtu (21/10/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk membangun pondasi agama dan membangun generasi penerus yang berkualitas dengan membawa nilai-nilai keislaman.

Pengajian ini diawali dengan anak-anak yang membaca doa dan ayat suci al-Qur'an secara bersama-sama, kemudian dilanjutkan oleh ustaz maupun ustazah yang menyampaikan pengajarannya. Pembelajaran yang diberikan kepada usia dini yaitu tentang agama, akhlak, membaca iqra, serta menghafal surat-surat pendek. Kemudian bagi jenjang usia remaja, pembelajaran yang diberikan yaitu tentang agama, tauhid, akhlak, fikih, membaca, dan menulis al-Qur'an.

"Dalam pembelajaran, anak-anak diberikan tugas untuk dikerjakan di rumah dan akan ditanyakan pada hari berikutnya, sehingga anak-anak ketika di rumah bisa tetap belajar bersama dengan didampingi oleh orang tua mereka, karena diharapkan agar pembelajaran yang dilakukan di masjid dapat tetap diingat dan diamalkan oleh anak-anak," ungkap guru ngaji.

Metode pembelajaran yang digunakan pengajar di Masjid Al-Mishbah ini menggunakan metode bermain, bercerita, dan bernyanyi. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi anak-anak belajar, sehingga anak-anak merasa nyaman dan banyak yang hadir untuk mengaji secara antusias dan semangat yang tinggi.

Adapun beberapa kendala yang dialami oleh pengajar yaitu ketika menangani anak-anak usia dini yang masih sulit untuk diatur sehingga menjadikan kegiatan belajar mengajar tidak kondusif. Upaya yang dilakukan oleh pengajar yaitu dengan mengajak berbicara anak-anak yang bersangkutan setelah selesai mengaji secara intens. Apabila masih tidak dapat kondusif, maka hal lain yang dapat dilakukan adalah memberikan arahan atau perhatian khusus pada anak-anak tersebut.

Reporter: Tubagus Nursayid, KPI/3D.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023