Masjid Aljabbar bangun Karakter Islami melalui Pendidikan Al-Quran

Dakwahpos.com, Bandung – Pada hari Minggu, (07/10/23) Masjid Jami Al-jabbar yang berlokasi di Jl. Jatihandap Timur RT 02/ RW 07 Gg. H. Idris Kel. Jatihandap Kec. Mandalajati, Kab Bandung Pendidikan Al-Quran di TPA Masjid Aljabbar memiliki peran penting dalam membentuk karakter Islami generasi muda. Hal ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari program pendidikan Al-Quran di TPA Masjid Aljabbar terhadap pembangunan karakter Islami pada anak-anak. 


Hal ini mengungkapkan bahwa pendidikan Al-Quran di TPA Masjid Aljabbar berkontribusi positif terhadap perkembangan karakter Islami anak-anak. Peserta mengalami peningkatan dalam pemahaman tentang nilai-nilai Islam, moralitas, serta kepatuhan terhadap ajaran Al-Quran. Selain itu, mereka juga mengembangkan sikap toleransi, kerendahan hati, dan kepedulian terhadap sesama.


Pengajaran yang berfokus pada pemahaman Al-Quran sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari, bersama dengan lingkungan yang mendukung yang dihadirkan oleh TPA Masjid Aljabbar, berperan kunci dalam proses pembentukan karakter Islami. Hasil ini menunjukkan bahwa TPA Masjid Aljabbar tidak hanya berfungsi sebagai tempat pembelajaran Al-Quran, tetapi juga sebagai lembaga yang membangun akhlak Islami yang kuat pada generasi muda.


Peranannya dalam menyediakan wawasan yang berharga tentang pentingnya pendidikan Al-Quran di masjid sebagai upaya konkret untuk membentuk karakter Islami pada anak-anak. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan landasan untuk pengembangan program-program serupa di tempat-tempat lain, dengan fokus pada pendidikan agama dan moral sebagai bagian penting dari pendidikan anak-anak di masa depan.


Reporter, Mahasiswa Jursan KPI UIN SGD Bandung

Muhammad Rasyid Faizulhaq 3C



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023