Masjid Ainul Yaqin Pamengpeuk Adakan Kegiatan Mimbariah Santri

Dakwahpos.Com, BANDUNG - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ainul Yaqin-Pamengpeuk beserta guru pondok mengadakan kegiatan mimbariah bagi santri Pondok Pesantren Ainul Yaqin. Kegiatan ini berlangsung sudah satu bulan lamanya dan dimulai sejak awal bulan September. Kegiatan ini digelar pada hari Rabu (11 Oktober 2023). Biasanya kegiatan ini dibimbing langsung oleh pihak pembimbing yang ada di pondok. 

Awalnya kegiatan ini hanya dijadikan sebagai kegiatan rutinitas yang biasa dilakukan santri secara bergiliran disetiap ba'da solat Subuh dan juga Isya. Namun seiring berjalannya waktu, kemampuan mereka tidak terasah secara matang. Mereka hanya hanya meniru kegiatan sebelumnya, tidak mengetahui ilmu dan dasar-dasar dari mimbariah itu sendiri. Sehingga kami selaku pembimbing dan juga pihak kepesantrenan mengadakan kegiatan pembelajaran mimbariah pada hari Rabu malam. 

"Mimbariah itu seni berbicara didepan umum. Atau bisa dikatakan juga dengan pidato, ceramah, presentasi, pembawa acara, kultum, dsb. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, kita akan mempelajari bagaimana cara berbicara didepan umum secara profesional", ungkap saya selaku pembimbing kegiatan. 

" Ketika kita mempelajari suatu ilmu, mesti diimbangi dengan penerapan dan pengaplikasiannya. Karena jika ilmu hanya dipelajari saja, maka ilmu itu tidak akan terasa manfaatnya bagi kita. Berbeda jika kita imbangi pengetahuan itu dengan pengaplikasian maka akan menjadi sesuatu yang luar biasa", Ungkap Ustaz Ziyan Azka selaku kesiswaan. 

Santri tidak hanya dibekali pengetahuan saja, tapi disetiap pekan itu ada penyampaian mimbariah yang disaksikan oleh semua santri Ainul Yaqin. Ustaz Angga selaku bagian kepesantrenan mengatakan bahwa ini adalah kegiatan yang wajib dipelajari. Karena dimasa depan kelak, mereka akan menjadi figur bagi masyarakat luas. Sehingga dengan mempelajari ini, mereka bisa diambil kebermanfaatan nya oleh masyarakat ketika mereka kembali ke rumah masing-masing.


Penulis, Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung
Siti Nabilatul Zahro Salsabila / KPI 3D


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023