Kajian DKM Al-Mu’awanah Melong Salat Untuk Musafir

Dakwahpos.com, Cimahi  – Masjid Al-Mu'awanah beralamat di Jl. kalasan I No.2, Melong, Cimahi Selatan, Kota Cimahi, DKM Al-Mu'awanah bertemakan  salat untuk musafir  kamis 12 oktober 2023 yang diiisi oleh Ustaz Drs .H.M.Ridwan

Dikatakannya islam adalah agama yang mudah kenapa seperti itu ketika ada seorang musafir atau orang yang berpergian, allah selalu memberikan kemudahan serta keringanan dalam melaksanakan ibadah salatnya.

"Dari ibnu umar ia berkata: Telah bersabda Rasulullah SAW: sesungguhnya Allah ta'ala suka kelonggarannya sebagaimana ia tidak suka di kerjakan ma'shiatnya"

Diriwayatkan-dia oleh ahmad dan disahkan dia oleh Ibnu Zaimah dan Ibnu Hibban

Keringanan itu diantaranya menjamak salat yakni menggabungkan dua salat, dan dikerjakan di salah satu waktu. Seperti contohnya menggabungkan salat zuhur dengan asar begitu pun salat magrib dengan isya.

Beliau menjelaskan jamak ada dua yang pertama jamak taqdim dikerjakan di waktu salat yang pertama dan yang kedua jamak takhir di kerjakan di waktu salat yang kedua.

Lalu keringanan yang lainnya adalah mengqasar salat yakni salat 4 rakaat menjadi 2 rakaat satu-satunya yang boleh mengqasar salat hanyalah pada safar sebagaimana firman Allah pada (Q.S AN-NISA:101)

Pada bagian akhir beliau mengungkapkan safar selalu disandarkan pada qasar karena mengqasar salat hanya di peruntukan bagi orang yang melakukan safar.

Penulis, Muhammad Rafie/KPI-3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023