Khutbah Jum'at Masjid Al-Jariyyah, Ustaz Dede: Taqwa

Dakwahpos.com, Bandung -Masjid Al-Jariyah Jln.Wuluku Raya, Kec. Kiaracondong, Kel. Babakansari, Kota Bandung gelar salat Jumat( 20/10/2023), khutbah sekaligus imam di lakukan oleh ustaz Dede.


"Bertaqwa kepada Allah SWT cukup dengan dua cara saja, yang pertama; dengan melaksanakan, mengerjakan apa-apa yang diperintahkan oleh Allah SWT, yang kedua; dengan menjauhi apa-apa yang dilarang Allah SWT dan tidak ada sebaik-baik perbekalan kecuali dengan berbekal taqwa," ujar Ustaz Dede.


Dengan takut seseorang akan bertaqwa kepada Allah SWT dalam surat al-araf -154, "petunjuk, hidayah, dan Rahmat bagi orang-orang yang senantiasa kepada Allah SWT dengan takut dimana takutnya ini dengan melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT dan menjauhi apa-apa yang dilarangnya, juga kata Imam Ibnu Katsir beliau menafsirkan ayat ini "bagi orang yang senantiasa takut kepada Allah SWT mendapatkan petunjuk, mendapatkan Rahmat dari Allah SWT".


Bagaimana ridho-Nya bisa didapat oleh kita yaitu dengan mengamalkannya juga sehari-hari, sebagaimana dalam surat al-bayyinah, Allah SWT ridho kepada mereka dan mereka ridho terhadapnya  itu lah orang-orang yang senantiasa takut kepada Allah SWT, maka kata para ulama patokannya takut kepada Allah SWT sejauh mana rasa takut ini ada kepada-Nya.


Kata para ahli tafsir, ini lah ganjaran, ini lah pahala yang baik para orang yang senantiasa takut kepada Allah SWT maka dia akan mendapat ridho dari-Nya, kemudian baginda Nabi Muhammad SAW bersabda; "puncak dari ilmu hikmat itu satu saja yaitu ketika kita takut kepada Allah SWT, ketika itu kita mempunyai ilmu hikmah yang paling tinggi". Juga dalam sabda Nabi, bersabda; " barang siapa yang dia hanya takutnya kepada Allah SWT maka yang lain akan takut kepadanya dan barang siapa yang takutnya bukan kepada Allah SWT, takut kepada jabatan, takut dengan waktu sehingga ia pergi kepada kesyirikan maka Allah SWT akan menakut-nakutinya.
 

Reporter: Muhamad Syahlevi Erwin Apandi KPI/3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023