Ustaz Humaedi: Pentingnya Persaudaraan Sejati Antar Sesama Muslim di Dunia

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Al-Ikhlas Cipadung mengadakan kegiatan salat Jumat pada, (20/10/2023). Adapun isi khotbah yang disampaikan berisi mengenai "Persaudaraan Sejati Antar Sesama Muslim di Dunia", yang disampaikan oleh Ustaz Humaedi.

Di awal khutbahnya, Ustaz Humaedi menyampaikan bahwasanya seorang mukmin harus memiliki rasa persaudaraan yang sejati. Karena setiap orang mukmin itu bersaudara dengan mukmin yang lain, seperti yang dijelaskan dalam QS. Al-Hujurat ayat 10 dan hadis Nabi Muhammad saw:

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat."

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ، يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

Artinya: "Orang mukmin (terhadap mukmin lainnya) bagaikan satu bangunan, satu sama lainnya saling kuat-menguatkan."

"Persaudaraan yang sejati itu setidaknya akan terjalin tiga hal. Pertama: Ukhuwah Islamiah, kedua: Ukhuwah Wathaniyah, dan ketiga: Ukhuwah Basyariyah atau Insaniyah," ujar Ustaz Humaedi.

Beliau juga mengajak kepada para jemaah untuk mendoakan saudara-saudara yang ada di Palestina yang sedang mengalami musibah. Selain itu kita juga bisa membantu mereka dengan ikut berdonasi melalui lembaga-lembaga yang terpercaya dan amanah.

Di penghujung khotbahnya, Ustaz Humaedi mengingatkan kepada jemaah bahwa sebagai umat muslim yang sejati dengan harus saling mengingatkan, mendoakan, dan saling menguatkan satu sama lainnya. Dan tidak lupa beliau juga mengingatkan untuk saling mengasihi serta mencintai satu sama lainnya karena Allah Swt.
 
Reporter: Farhan Habibi KPI 3B 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023