Khutbah Jumat : Jadikan Nabi Muhammad SAW Sebagai Contoh Teladan Pada Kehidupan Kita

Dakwahpos.com, Bandung – Pada hari Jumat 29 September 2023, DKM Nurul Islam yang berlokasi di di Jl. Cigending No.29, Kec. Ujung Berung, Kota Bandung melaksanakan Shalat Jumat. Khutbah kali ini disampaikan oleh Hasrul SB, S.Sos dengan tema Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hasrul menyampaikan dalam khutbahnya bahwa pada 28 September 2023 banyak umat Islam merayakan Maulid Nabi untuk menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal. Nabi Muhammad SAW yang bisa kita jadikan role model dalam kehidupan kita, kebaikan yang tumbuh dalam diri kita dan juga segala keindahan yang Nabi Muhammad SAW tunjukan kepada kita sebagai tuntunan dalam kehidupan.

"Bahwa dalam al-Quran dijelaskan hanya Nabi Muhammad SAW yang diwajibkan dijadikan teladan untuk kita semua. Allah berfirman dalam surah al-Ahzab ayat 21 yang artinya Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah." Ungkap Hasrul.

Hasrul juga menyampaikan banyak keteladanan yang bisa kita jadikan contoh dari kehidupan Nabi Muhammad SAW yaitu keteladanan dalam beribadah, keteladanan dalam akhlak, keteladanan dalam berdakwah, keteladanan didalam bermasyarakat dan yang terakhir yaitu keteladanan dalam kepemimpinan.

Dalam akhir khutbahnya, Hasrul menyampaikan kita sebagai hamba Allah dan sebagai umat Nabi Muhammad SAW harus meneladani apa yang dilakukan Rasulullah dan berharap kita bisa bersama dengan Nabi Muhammad SAW di surga nanti.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati - Muhammad Farhan Sayyid Helmi/KPI 3-C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023