Khotbah Jumat Masjid Jami` Al-Barzakh Cileunyi Wetan: Maknai Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Jami` Al-Barzakh Cileunyi Wetan menyelanggarakan khotbah Jumat (06/10/2023) dengan tema maknai peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H. Khotbah pada jumat ini dipaparkan oleh Kyai H Atid Muhtar.

Seperti yang kita ketahui bahwa 12 rabiul awal itu dilahirkannya Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW di utus ke alam dunia ini untuk menyempurnakan akhlak, dijelaskan pada surat al-Ahzab ayat 21 " Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orrang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah".

"Dalam memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang paling utama harus di perhatikan yaitu untuk mencontohkan akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Dengan akhlak yang mulia kita bisa membangun cita-cita negara menjadi subur, makmur, tentram, dan sejahtera. Dan dengan kita meneladani akhlak yang dicontohkan oleh nabi kita tidak mungkin mengerjakan hal-hal yang buruk seperti menipu, korupsi, dan lain sebagainya," ungkap kyai Muhtar.

Akhlak mulia itu bisa dimiliki oleh siapapun tetapi harus mengikuti perintah Allah seperti yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah. Manusia yang sudah memiliki bibit-bibit akhlak yang mulia itu seperti jujur dan tidak khianat.

"Mudah mudahan dengan memperingati lahirnya nabi kita mempunyai niat mengikuti akhlak mulia nabi  seperti yang dijelaskan pada surat ali-Imran ayat 31 yaitu Katakanlah (Muhammad), " Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu. " Allah Maha pengampun, Maha penyayang," ungkap kyai Muhtar.

Penulis Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung
Suci Resti Fauziah KPI 3-D

Tidak ada komentar

© Dakwahpos 2024