Khotbah Jumat Masjid Al-Hasan 3 Cipadung Kidul : Perbanyak Membaca Bismallah

Dakwahpos.com, Bandung- Khotbah jumat Masjid Al-Hasan 3 Cipadung kidul mengangkat tema "Keistimewaan Basmallah", jumat (20/10/2023). Khotbah pada jumat ini dipaparkan oleh ustaz Nurul M.Ag.

Khotib menjelaskan bahwa lafaz Bismillah menurut pakar bahasa bermakna Al-Ijtiad, yaitu adanya permintaan pertolongan kepada Allah Swt. Ketika kita membacakan bismillahirohmanirohim, kita meminta pertolongan kepada Allah Swt. dalam perbuatan dan pekerjaan yang kita lakukan. Membaca bismillahirohmanirohim juga memberikan keberkahan terhadap segala kegiatan yang kita lakukan. Kemudian Khotib juga menjelaskan bahwa ada 3 macam nikmat yang harus kita ketahui dan kita syukuri.

"Yang pertama nikmat kita dibentuk menjadi manusia yang sempurna oleh Allah. Bukan hanya manusia yang berbentuk kasar atau jasmani saja, kita diberikan ruh, akal dan diberika cahaya di hati kita agar bisa membedakan mana yang baik dan mana yang bathil. Yang kedua, kita tidak hanya dibentuk oleh Allah sedemikian rupa, tapi kita juga diberikan nikmat pemeliharaan oleh Allah Swt. Rizki kita, gerak badan kita dan segala yang kita rasakan adalah nikmat pemeliharaan yang diberikan oleh Allah Swt. kepada kita. Yang ketiga adalah nikmat terbesar yang kita dapatkan, yaitu nikmat iman dan islam." ungkap khotib.

Khotib menjelaskan bahwa Rasulullah Saw. menyatakan siapa saja orang yang dalam hatinya ada iman walaupun hanya sebesar biji zarah saja, akan mendapatkan surganya Allah Swt. Ketiga nikmat yang disebutkan oleh khotib adalah modal kita untuk mendapatkan kebaikan dan masuk surganya Allah Swt.

"Kunci dari caranya, perbanyaklah membaca bismillahirohmanirohim, dan mudah-mudahan kita menjadi insan yang taat kepada ajaran Rasulullah Saw. dan kita menjadi hamba yang bertakwa kepada Allah Swt." ungkap Khotib.


Reporter : M Adji Firmansyah, KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023