Khotbah Jumat Masjid Al-Furqon Cipadung: Teladani Akhlak Rasulullah Saw

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Al-Furqon Cipadung yang bertempat di Komplek vijaya kusuma yang berada di Kel. Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung gelar salat jumat bertema meneladani akhlak Rasulullah Saw Pada jumat (13/10/2023), Hari jumat yang insya Allah diberkahi dan dipenuhi rahmat oleh Allah Swt.

Pada kesempatan jumat ini khotib menyampaikan khutbah tentang meneladani akhlak Rasulullah Saw. Beliau mengatakan, Sebagai rujukan utama dalam akhlak, meneladani Rasulullah dalam setiap aspek kehidupan adalah bukanlah suatu hal yang mustahil, karena Rasul bukan malaikat. Beliau manusia biasa yang di dalam dirinya ada mutiara akhlak yang agung. Beliau senantiasa menangis jika datang firman Allah yang menyebut umat Rasulullah atau umatnya banyak di neraka, lantas  beliau memohon kepada Allah agar umatnya dimasukkan ke dalam surga.

"Rasulullah seorang yang rendah hati, seorang penghulu segala Rasul, dipuji oleh Allah Swt, tapi berjalan dimuka bumi tanpa meninggikan kepala. bahkan ketika Fathul Makkah, beliau menundukkan kepalanya sebagai tanda penghormatan kepada kota Makkah. Rasulullah tidak pernah menyimpan dendam kepada penduduk atau masyarakat Makkah yang telah mengusirnya, tidak ada terlintas amarah kepada penduduk Ta'if yang dulu melempari dirinya tanpa ampun sampai berdarah lututnya. Beliau memaafkan semuanya, dan maaf dalam islam yang paling hebat itu adalah dengan "fa'fu wasfahu" yakni maafkan dan lupakan semua kesalahan." ungkap khotib dalam khutbahnya.

Khatib juga mengingatkan bahwa Kita diingatkan bahwa akhlak merupakan warisan agama islam untuk kehidupan dimasa yang akan datang. Rasulullah menjadi acuan utama dalam segala aspek kehidupan. Rasul sebagai ayah, suami, masyarakat, panglima perang, pedagang, dan lain sebagainya. Semua teladan itu adalah Rasulullah Saw, semoga kita terus mencoba meneladani akhlak dan sifat Rasulullah Saw.

Pada akhir Khutbah, Beliau mengajak para jamaah untuk selalu beriman kepada Allah Swt dan selalu mengikuti sunnah-sunnah Nabi Muhammad Saw. segala aturan ataupun hukum dalam Islam sebenarnya hanya untuk mengajak manusia agar bisa lebih baik lagi didalam kehidupan kita.

Reporter : Fikrie Azka Maulana / KPI 3B

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023