Khatib Salat Jumat Ajak Jemaah Masjid Daarud Dakwah Siapkan Bekal Sebelum Kematian

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Daarud Dakwah yang beralamat di Jl. Pelesiran No.31, RT. 2/RW. 5, Lb. Siliwangi, Kecamatan Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat lakukan salat Jumat (13/10/23).

Di tengah panasnya cuaca, para jemaah tetap hadir untuk melaksanakan kewajiban salat Jumat. Khutbah kali ini diisi oleh Hanafiyah, beliau menyampaikan kepada para jemaah di awal khutbah nya untuk selalu senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Takwa dalam arti berupaya dan berusaha untuk selalu menghadirkan Allah dalam setiap situasi dan kondisi dengan cara senantiasa berzikir dan melaksanakan segala perintahNya. 

Takwa dalam arti kita senantiasa melibatkan Allah dalam setiap persoalan yang kita hadapi dengan cara berdoa, memohon pertolongan dan bermunajat kepadanya.
"Kematian adalah sesuatu yang pasti kita hadapi. Sesuatu yang menjadi gerbang dari kehidupan dunia menuju kehidupan akhirat adalah kematian", ujar Hanafiyah.
Khatib menerangkan penjelasan pada surat Al-Baqarah ayat 28:
"Bagaimana kamu ingkar kepada Allah, padahal kamu (tadinya) mati, lalu Dia menghidupkan kamu, kemudian Dia mematikan kamu lalu Dia menghidupkan kamu kembali, kemudian kepada-Nya lah kamu dikembalikan."

Dalam Tafsir Ibn Katsir, dijelaskan bahwa ayat ini menjelaskan akan kekuasaan Allah dan sungguh aneh orang yang ingkar kepada Allah sementara manusia awalnya tiada, lalu Allah menjadikannya ada di muka bumi ini. Ayat ini juga menunjukkan bahwa kita semua pasti mati. Dan kita semua pasti akan dibangkitkan kembali setelah kematian itu.
"Siapkanlah bekal untuk menghadapi kematian karna kita tidak pernah tau kapan ajal akan mendatangi kita, begitupun kita tidak bisa menunda dan menghindar dari kematian," ujarnya.

Khatib juga berpesan selain berusaha dengan segenap amal saleh untuk mencapai husnul khatimah, kita juga harus selalu berdoa agar Allah mewafatkan kita dalam keadaan husnul khatimah. Semoga kita menjadi hamba Allah yang berhasil dalam mempersiapkan kehidupan kita, yang mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. dan Allah menjadikan kita sebagai orang-orang yang wafat dalam keadaan husnul khatimah.

Reporter: Fachry Husaeni, (KPI/3A)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023