K.H. Misbahul Munir: Pentingnya Menjaga Salat Sebagai Kewajiban Fundamental Dalam Agama Islam


Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Darussholihin yang bertempat di Jl. Pangaritan No.10, Cipadung Wetan, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung selenggarakan kegiatan salat Jumat berjemaah pada Jumat, (20/10/2023) sebagai pengingat kita akan kehadiran Allah Swt. dan kecintaan kita kepada Sang Maha Pencipta. Untuk khatib yang bertugas pada pekan ini yakni K.H. Misbahul Munir.

Di awal khotbahnya, beliau mengajak jemaah agar senantisa bersyukur atas nikmat yang Allah Swt. berikan dengan selalu mengucapkan alhamdulillah dan tidak lupa mendoakan jemaah agar senantiasa dalam keridhoan Allah. Beliau mengangkat materi khotbah yang berkaitan tentang pentingnya menjaga salat.

Salat Lima waktu merupakan pedoman hidup yang telah termaktub dalam kitab suci Al-Qur'an dan juga sebagai bentuk perintah syariat yang wajib dilaksanakan setiap umat Islam. Salat menjadi salah satu sarana yang paling utama dalam hubungan antara kita selaku hamba dengan Allah Swt. sebagai pencipta,'' ucap K.H. Misbahul Munir.

Salat yang wajib di kerjakan dalam agama Islam ada lima waktu yaitu Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya, serta semua salat itu di kerjakan sesuai waktu dan rukun-rukunnya. Adapun di luar salat wajib tersebut masih banyak salat sunah lainnya yang dapat dikerjakan seorang muslim, di antara yang paling banyak dikerjakan yakni salat sunah Duha dan Tahajud.

Dalam sebuah riwayat Umar Bin Khatab berkata, ''Jagalah salatmu karna saat kamu kehilangan salatmu maka kamu akan kehilangan segalanya". Apa yang disampaikan sahabat Rasulullah memang benar, kewajiban yang paling utama bagi seorang muslim adalah mendirikan salat. Salat itu sendiri menjadi tiang agama, bahkan itu yang menjadi pertanyaan pertama di akhirat nanti,'' tambah K.H Misbahul Munir.

Di penghujung khotbahnya, beliau mengajak jemaah agar senantiasa menjaga salatnya sesibuk apapun di dunia, serta mengingatkan hanya salatlah yang dapat membantu di akhirat nanti.

Reporter: Farhan Fadhlur Rohman KPI 3A


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023