Kajian Subuh Masjid Al-Jabbar Bertema: Sebaik-baik Manusia

Dakwahpos.com, Bandung – Pada hari Minggu, (01/10/23) Masjid Jami Al-jabbar yang berlokasi di Jl. Jatihandap Timur RT 02/ RW 07 Gg. H. Idris Kel. Jatihandap Kec. Mandalajati, Kab Bandung mengadakan pengajian rutin setiap Minggu setelah Shubuh dengan tema "Sebaik-baik Manusia" , yang diisi oleh Ustaz Aep Fahrudin.


Pada kajian subuh kali ini Ustaz Aep Fahrudin membuka dengan membacakan Qs. Al-Isra:7 yang menjelaskan tentang ketika kita melakukan kebaikan kepada seseorang maka kebaikan itu akan kembali kepada diri kita sendiri, kemudian beliau menjelaskan hadis tentang indikator manusia terbaik menurut Nabi beliau menyebutkan "Dalam Shohih Bukhari Nabi menyebutkan salah satu orang yang terbaik adalah orang yang belajar dan memberikan pengajaran kepada orang lain, terutama mengajarkan kalam Allah. Nabi menyebutkan orang yang belajar dan mengajar kalam Allah itu orang yang terbaik setelah Nabi karena orang tersebut telah mengajar kan kebaikan ilmu Allah, bukan mengajarkan yang buruk. Tetapi bukan hanya belajar cara membacanya kemudian menghafalnya tapi orang yang belajar makna kemudian mentadabburi kalam Allah tersebut" ungkap beliau.


Kemudian beliau menegaskan kepada kita bahwa Allah menurunkan kalam tersebut untuk di tadabburi dan sebagai pelajaran bagi orang-orang yang berpikir, maka kita harus memaknai kalam Allah ini bukan hanya untuk dihafal kemudian di lupakan tetapi di pelajari kemudian di amalkan kepada sesama


Di akhir ceramahnya beliau mengungkapkan bahwa ketika kita sudah mempelajari dan mengamalkan isi dari kalam Allah tersebut kita menjadi hamba yang istimewa di sisi Allah dan menjadi orang yang terbaik menurut Nabi, maka dari itu beliau mengajak kepada kita untuk mempelajari kalam Allah dan mengamalkan ilmu yang terkandung dalam kalam tersebut.


Reporter, Mahasiswa Jursan KPI UIN SGD Bandung
Muhammad Rasyid Faizulhaq 3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023