Kajian Rutin Mingguan Masjid Al-Muhajirin Antapani Kidul Bahas Rindu Hujan



Dakwahps.com, Bandung DKM Al-Muhajirin Antapani Kidul Bandung kembali menggelar kajian rutin di setiap Minggu tepat pada hari Sabtu (23/09/2023) dengan tema " Rindu Hujan (Kajian Fiqih Sholat Istisqo)". 


Acara ini diisi dengan ceramah oleh ustaz Ibrahim Heykal Sya'ban Lc.MA setelah selesai salat Subuh dan berlangsung selama 39.42 menit Acara ini dihadiri oleh jamaah masjid, beliau menyampaikan bahwa kita semua rindu akan hujan, rindu akan berkah dari langit. Apalagi setelah sekian lama tetesan air dari langit belum juga turun. Keberkahan hujan itu pula yang membuat hati ini terus merindu.

Kemudian Ustaz Ibrahim mengutip QS. Qaaf ayat 9 Dan kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan

lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketahui. Dalam tafsir Al-Baghawi, 7: 357 Yang dimaksud keberkahan di sini adalah banyaknya kebaikan, Ustaz juga menjelaskan bahwa barangkali tertundanya hujan untuk turun karena dosa-dosa kita dan maksiat yang terus menerus kita lakukan. 


Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt "Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu) (QS Asy-Syuraa: 30) Tidaklah musibah tersebut turun melainkan karena dosa. 


Oleh karena itu, tidaklah bisa musibah tersebut hilang jika tidak ada yang memulai berbuat kerusakan. 


Beliau mengatakan bahwa yang dimaksudkan dengan rahmat di sini adalah kenikmatan ya Allah kasih kepada semua makhluk termasuk manusia. Maka dari itu kita banyak banyaklah bersyukur atas nikmat yang Allah berikan karena jika kita tidak bersyukur banyak melakukan kehancuran di muka bumi, Nauzubillah Allah murka dengan hambanya dan efek yang kita rasakan sebagai manusia ialah kekeringan yang amat panjang.


Reporter, Mutiara Widya Kumala. KPI/3C


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023