Kajian Mingguan DKM Daarul Fikri Angkat Tema Tumaninah dalam Salat

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Daarul Fikri yang beralamat di Komplek Permata Biru Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung  (18/10/2023),

Ketika melaksanakan sholat tersebut agar diterima dan pelaksanaannya sempurna haruslah dibarengi dengan beberapa rukun sholat dan tata cara yang benar. Dan, untuk mencapai sholat yang sempurna tersebut kita diharuskan khusyu dalam sholat salah satu mencapai kekhusyuan dalam sholat ialah dengan melakukan tumaninah.

kajian minggu ini membahas salah satu rukun salat yaitu tentang tumaninah , tumaninah itu sendiri artinya sikap diam, tenang dan juga tumaninah diartikan sebagai sakinah yang berarti  tentram, di dalam ibadah salat terutama pada gerakan salat dan pada batin yang benar benar salat tersebut diiringi rasa takut  salat tersebut tidak di terima oleh Allah SWT.

 para ulama zaman dulu berbeda pendapat terkait  rukun salat, ada yang mengatakan tiga belas da nada juga yang mengatakan empat belas. Adapun rukun salat tersebut yaitu adalah niat, takbir ratul ikhram, berdiri, membaca fatihah, rukuk, i'tidal,sujud,duduk antara dua sujud, duduk tasyahud akhir, membaca sholawat, salam, tartib, tumaninah.

Tumaninah dilakukan dalam melakukan empat posisi dalam shalat, yaitu rukuk,' iktidal, sujud dan duduk berpasangan di antara ruku. Misalnya saat kita ruku', saat kita ruku dengan sempurna sesuai dengan aturan shalat, kepala dan punggung sejajar dan membentuk sudut kaki 90 derajat, kita harus tenang sejenak dalam melakukan tuma'ninah.

"Semoga kita semua di dalam melaksanakan ibadah salat bisa tumaninah dan semoga ibadah salat kita semua di terima oleh Allah SWT" ungkap ustaz Aceng Abdul Karim.

Reporter : Rian Permana KPI/3D

 

Tidak ada komentar

© Dakwahpos 2024