Jemaah Ibu-ibu Al-Hidayah Cikuda Ikuti Kegiatan Tahfiz Asar

Dakwahpos.com, Bandung – Masjid Jami Al-Hidayah Cikuda, Pasirbiru, Cibiru, Kota Bandung rutin mengadakan kegiatan Tahfiz Asar yang mana kegiatan tersebut perkembangan dari kegiatan Tahfiz Subuh, sesuai dengan namanya kegiatan tersebut dilaksanakan pada waktu setelah Asar, yakni pada pukul 16.00-17.00, kegiatan tersebut diikuti oleh ibu-ibu.

"Alhamdulillah di waktu mulai Tahfiz Subuh sekitar dua Minggu setelah berjalan, orang tua dari anak-anak yang mengikuti kegiatan Tahfiz Subuh tersebut meminta agar diadakan kegiatan mengaji untuk para orang tuanya, yang pada akhirnya diputuskan kegiatan mengaji untuk para orang tuanya diadakan pada waktu setelah Asar, kegiatan tersebut bertempat di Masjid Jami Al-Hidayah dengan dua kelompok yakni kelompok untuk para ibu-ibu dan kelompok untuk para bapak-bapak," ujar Ustaz Didik sebagai pengajar kegiatan tersebut.

Kegiatan Tahfiz Asar tersebut pada mulanya diikuti oleh para ibu-ibu dan bapak-bapak, namun para bapak-bapak hanya berjalan tiga bulan, dikarenakan kegiatan tersebut bentrok dengan jam kerja yang pada akhirnya Tahfiz Asar sekarang masuk di tahun ke-3 diikuti oleh para ibu-ibu.

"Untuk pengajar Tahfiz Asar saya sendiri, namun ada dua ibu-ibu yang sudah mahir diminta untuk membantu. Kegiatan Tahfiz Asar rutin dari Senin sampai Sabtu, namun pada hari Rabu, Jumat dan Sabtu khusus untuk diadakan kajian tajwid dan di hari Sabtu kajian kitab tidak setoran seperti hari biasanya, untuk di hari Rabu penerapan kajian tajwid ini sudah masuk di juz ke-3 dimulai dari juz awal dengan memperbaiki mahroj huruf, sifat-sifat huruf, kaidah tajwid dan tahsin, kalau di hari Jumat bedanya hanya dimulai dari juz belakang yaitu dari juz 30 dan sekarang sudah juz 29, untuk di hari Sabtu kajian kitab mengambil Kitab Nasoihul Ibad, kitab tersebut kitab ketiga, pertama kitab Arbain Nawawi, kedua kitab Ayyuhal Walad, dan pernah ada kitab fikih wanita yang dikaji oleh Ustazah Nasrina," tambah Ustaz Didik.

Kegiatan Tahfiz Asar tersebut diadakan berbarengan dengan kegiatan Tahfiz Subuh yaitu pada tahun 2020 di masa Covid-19 hanya berbeda kurang lebih satu bulan. Sekarang masuk di tahun ke-3 ibu-ibu yang mengikuti kegiatan Tahfiz Asar berjumlah sekitar 35, yang dipimpin langsung oleh Ustaz Didik yang bertempat di Masjid Jami Al-Hidayah Cikuda di ruang hijab masjid atau masjid lantai satu bagian belakang.
 
Reporter : Fadhil Fadhlur Rahman, KPI/3A


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023