Jemaah Bapak-bapak Masjid Jami Al-Hidayah Cikuda Adakan Kajian Khusus

Dakwahpos.com, Bandung – Tak ketinggalan para jemaah bapak-bapak Masjid Jami Al-Hidayah Cikuda Pasirbiru, Cibiru, Kota Bandung luangkan waktu padatnya untuk belajar mengaji. Kegiatan tersebut dikhususkan untuk jemaah bapak-bapak yang dinamakan dengan kegiatan Bapak-bapak Mengaji (BBM), kegiatan BBM ini dilaksanakan pada hari Senin dan Jumat pada waktu setelah salat Isya sampai pukul sembilan malam, kegiatan tersebut bertempat di madrasah Masjid Jami Al-Hidayah Cikuda.

"Kurang lebih empat bulan kebelakang membuat kegiatan baru lagi yang dikhususkan untuk jemaah bapak-bapak yang dinamakan dengan kegiatan Bapak-bapak Mengaji disingkat BBM, pada awalnya mau dinamakan sama dengan tahfiz subuh dan tahfiz asar yaitu dengan nama tahfiz magrib atau dengan nama tahfiz isya, namun ditakutkan rancu karena kegiatan tahfiz asar dan BBM tersebut merupakan cabang dari kegiatan tahfiz subuh hanya berbeda kalangan jemaah yang mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut," ujar Ustaz Didik.

Kegiatan Bapak-bapak Mengaji tersebut diadakan dan dipimpin langsung oleh Ustaz Didik selaku kepengurusan bidang pendidikan Dewan Kemakmuran Masjid Masjid Jami Al-Hidayah. Kegiatan tersebut merupakan cabang ketiga dari kegiatan Tahfiz Subuh yang diikuti oleh para anak-anak kemudian cabang kedua kegiatan Tahfiz Asar yang dikuti oleh para ibu-ibu, ketiga kegiatan tersebut dicetuskan oleh Ustaz Didik dengan kesepakatan bersama.

"Kegiatannya berupa mengaji Al-Qur'an, mendalami dan mempraktikkan ilmu tajwid, tahsin Al-Qur'an, dan nilai plusnya ada tambahan kajian pembahasan masalah atau kajian-kajian umum dengan tema sesuai permintaan para jemaah kegiatan tersebut, lima belas menit awal kajian masalah atau kajian umum terlebih dahulu lalu kemudian baru mengaji," tambah ujar Ustaz Didik.

Para jemaah bapak-bapak rela meluangkan waktu malam di kedua malam yakni di malam Selasa dan Sabtu, masih semangat untuk terus belajar mengaji bahkan meminta hari tambahan untuk diadakan kegiatan khusus untuk kajian kitab. Jumlah bapak-bapak yang mengikuti kurang lebih dua puluh orang, yang mana kegiatan tersebut baru-baru diadakan yaitu sekitar empat bulan kebelakang masuk di bulan kelima.

Reporter: Fadhil Fadhlur Rahman, KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023