DKM Kifayatur Achyar Salat Jumat Tema Nikmat Akal Sehat

 


Dakwahpos.com, Bandung – DKM Kifayatur Achyar yang berlokasi di Jl. Raya Cipadung No.495, Cipadung, Kec. Cibiru. Masjid yang berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat 40614, RT/RW:0/0 mengelar Salat Jumat pada hari Jumat (27/10/2023). Pada Salat Jumat ini Khatib sekaligus imamnya dipimpin langsung oleh Ustaz Indrayana S.Ag dengan tema Khutbah “Nikmat Akal Sehat”.


“Salah satu anugerah terbesar yang Allah berikan kepada kita adalah nikmat akal sehat” kata Ustaz Indrayana S.Ag. Akal pikiran yang Allah anugerahkan kepada manusia berbeda dengan apa yang digunakan pada makhluk lainnya mulai dari tumbuh-tumbuhan, hewan bahkan dalam penciptaannya manusia memiliki kelebihan di antara bangsa-bangsa makhluk yang lainnya dari bentuknya saja Allah menegaskan bahwa manusia satu-satunya mahluk yang mempunyai derajat tinggi dan paling sempurna di antara semua mahkluk.

Kemudian Ustaz Indrayana S.Ag membacakan Surat At-Tin ayat 4 tentang penciptaan manusia yang diciptakan oleh Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya. 

“Penciptaan manusia yang sempurna bahkan pada akal pikiran manusia bisa dikalahkan oleh nafsu kita sendiri” kata Ustaz Indrayana S.Ag. 

Kemudian Ustaz Indrayana S.Ag menyampaikan tiga nasehat Jibril kepada Rasulullah tentang maksud manusia hidup di dunia ini:
1.Hiduplah engkau sesukamu, sesungguhnya engkau akan menjadi mayit. Nasehat ini mengigatkan bahwa kehidupan dunia hanya sesaat dan pada akhirnya manusia akan mengalami kematian.
2.Cintailah siapapun yang engkau cintai karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya.  “Nasehat ini menegaskan bahwa semua yang kita miliki, semua yang kita cintai akan kembali kepada Allah Swt” kata Ustaz Indrayana S.Ag.
3.Berbuatlah sesukamu karena sesungguhnya engkau akan mendapat balasan dari apa yang telah engkau lakukan. Nasehat ini menegaskan bahwa semua perbuatan manusia pasti akan mendapat balasan walaupun perbuatan itu seberat zarrah.

Ustaz Indrayana S.Ag  menyimpulkan tiga poin penting dari nasehat Jibrin kepada Rasulullah yaitu:
1.Sesungguhnya sebaik-baiknya orang hidup di dunia adalah hidup di ajaran Allah dan Rasulnya.
2.Sebaik-baiknya cinta abadi adalah cinta kita kepada Allah dan Rasulnya.
3.Sebaik-baik khilafah adalah mengikuti akal sehat yang dipandu oleh iman dan ketakwaan kepada Allah Swt. daripada mengikuti hawa nafsu, lebih mengutamakan kemaslahatan daripada kesia-siaan.

Repoter: Rajulun Azmi, KPI/3C

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023