Bina Generasi Penerus Bangsa, DKM Al-Alif Cisurupan Adakan Ngaji Sore

Dakwahpos.com, Bandung - DKM Al-Alif menyelenggarakan kegiatan mengaji sore untuk anak-anak. Kegiatan mengaji ini diadakan untuk membantu anak-anak yang tinggal di sekitar masjid Al-Alif agar mengenal dan bisa membaca kitab suci Al-Qur'an. Kegiatan mengaji sore ini dilaksanakan setelah melaksanakan salat Ashar sebagaimana pada hari Senin, (16/10/2023).

Rini selaku pembimbing menyampaikan bahwa anak-anak yang hadir untuk mengikuti kegiatan mengaji adalah mereka yang masih usia sekolah dasar. Rini menambahkan pada hari ini sebagian peserta masih mengikuti pembelajaran di sekolah sehingga hanya tujuh anak yang hadir. Tidak ada paksaan untuk mengikuti kegiatan mengaji ini, tetapi mereka membuka pintu kepada siapa saja yang ingin ikut mengaji.

"Sebelum memulai kegiatan mengaji, kita akan bersama-sama membaca surah pendek terlebih dahulu," Ujar Rini. "Setelah membaca surah pendek, selanjutnya mereka akan belajar menulis Arab Melayu (Imla), dan anak-anak juga akan belajar membaca iqro secara bergantian," Kata Rini.

Rini menambahkan, anak-anak akan diberikan waktu istirahat terlebih dahulu setelah selesai membaca iqro'. Setelah istirahat mereka akan melakukan setoran hafalan surah kepada para pembimbing. Bagi mereka kelas 1-3 SD akan diberikan surah pendek, dan mereka yang sudah kelas 4-6 SD akan diberikan surah yang lebih panjang.

"Sebagian dari peserta kegiatan mengaji ini telah menyelesaikan iqro dan memasuki Al-Qur'an sehingga sesinya akan di pisah" Ujar Rini. "Bagi mereka yang masih Iqro akan belajar membaca Iqro, dan yang sudah mencapai Al-qur'an akan membaca Al-qur'an" Tambah Rini.

Rini menyampaikan rasa syukurnya karena masih ada anak-anak yang hadir untuk belajar mengaji. Seiring perkembangan zaman banyak anak sejak usia dini yang terkontaminasi dampak buruknya. Dengan mengadakan kegiatan mengaji ini mudah-mudahan dapat membimbing mereka sejak dini untuk mengenal dan memahami nilai-nilai keislaman.

Reporter : Alwi Nurul Fachrurozy / KPI 3A 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023