Bangun Karakter Anak Sejak Dini, Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Cipadung Ajarkan Akidah Akhlak Dasar

Dakwahpos.com, Bandung – Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda konsisten dalam memberikan pembelajaran tentang akidah akhlak pada santrinya. Kegiatan ini sudah berlangsung kurang lebih 5 tahun ke belakang. Materi pada pembelajaran akidah akhlak pada Rabu (11/10/2023) adalah meneladani akhlak Rasulullah saw dalam kehidupan sehari-hari. Selama kegiatan berlangsung ada beberapa orang guru yang hadir dan tersebar dalam beberapa kelas.

Metode yang dilakukan oleh Ustazah Dian pada anak-anak kelas 4 yaitu memberikan tugas di hari sebelumnya untuk mencari apa saja yang bisa diteladani dari Rasulullah saw dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar anak-anak lebih mudah memahami materi pada saat dijelaskan oleh Ustazah Dian. selain memberikan tugas, metode lain yang digunakan adalah tanya jawab yang diawali dengan penjelasan oleh Ustazah Dian dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusiasme anak-anak.

"Sidiq merupakan salah satu sifat baik rasul yang artinya benar. apapun yang rasulullah katakan adalah benar dan tidak pernah berbohong. maka dari itu, kita harus menanamkan sifat jujur dari hal-hal kecil yang kita lakukan." ungkap Ustazah Dian.

Ustazah Dian melanjutkan dengan memberikan contoh. "Tadi kan Ibu tanya, Arkhan apa sudah mencari tahu tentang apa saja yang yang bisa diteladani dari rasul, karena Arkhan bilang sudah Ibu minta untuk jelasin apa yang Arkhan tahu tapi arkhan hanya diam akhirnya Arkhan mengaku kalau belum mencari tahu."

Tidak apa-apa mengakui kesalahan, tidak perlu berbohong walau terkadang berkata jujur itu tidak enak, ia berharap anak-anak bisa mengaplikasikan sifat rasul seperti sidiq (benar), amanah (dapat dipercaya), tablig (menyampaikan), dan fatanah (cerdas) dalam kehidupan sehari-hari baik saat di rumah, di sekolah ataupun di tempat bermain.

Reporter : Defi Selfia (KPI/3A)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023