Ustazah Indah Bahas Golongan Penghuni Surga Bersama Jamaah Majelis Ta’lim Baitul Hikmah Cipadung

Dakwahpos.com, Bandung – DKM Baitul Hikmah mengadakan pengajian untuk kalangan ibu ibu yang bertempat di Masjid Baitul Hikmah Cipadung, Selasa (26/09/2023).

Majelis talim ini rutin diadakan setiap minggu di hari Selasa dengan materi yang berbeda berbeda, yaitu fiqih, tafsir, hadis juga akhlak dan ibadah keseharian. Hari Selasa ini, pengajian tafsir Al-Qur'an dengan tema "golongan golongan penghuni surga" dihadiri oleh kurang lebih dua puluh orang jamaah baitul hikmah. Pengajian dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berlangsung selama dua jam, diawali dengan membaca selawat  juga tilawah Al-Qur'an.

Narasumber dalam pengajian ini adalah Ustazah Indah, beliau menyampaikan mengenai golongan golongan penghuni surga berdasarkan tafsir Al-Qur'an surat An-nisa ayat 69. Dalam ayat tersebut Ustazah Indah menyebut terdapat empat golongan penghuni surga, pertama para nabi, kedua orang orang yang benar serta jujur, ketiga para syuhada dan golongan keempat yaitu orang orang yang saleh.  

"Rosulullah bersabda sesungguhnya kejujuran itu membawa pada kebaikan dan kebaikan itu membawa pelakunya  ke surga. Untuk itu bu, jadilah orang yang jujur serta bergaul lah  dengan orang jujur, maka kita pun nantinya akan terbawa jujur. Allah berfirman dalam surat At-taubah ayat 119 Yaaa aiyuhal laziina aamanut taqul laaha wa kuunuu ma'as saadiqiin, wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar. Kemudian siapa itu orang saleh bu?  yaitu orang-orang yang selalu berbuat amal baik yang bermanfaat untuk umum, termasuk dirinya dan keluarganya baik untuk kebahagiaan hidup duniawi maupun untuk kebahagiaan hidup ukhrawi yang sesuai dengan ajaran Allah," Jelas Ustazah Indah.

Selain empat golongan penghuni surga yang terdapat dalam surat An-nisa ayat 69, Ustazah Indah juga menyampaikan golongan penguni surga  lainnya yang terdapat dalam Al-Qur'an, yaitu orang yang bertakwa dalam surat Ali imran ayat 133,  orang yang senantiasa berbuat kebajikan dalam surat Al-mutoffifin ayat 22, orang yang pertama masuk islam dalam surat Al-waqi'ah ayat sepuluh, orang yang sabar dalam surat Ali imran ayat dua ratus dan terakhir orang yang bersedekah serta berderma dengan harta dan jiwa dalam surat As-sof ayat sepuluh sampai dua belas.  

Kemudian sebagai penutup, Ustazah Indah menyampaikan doa serta harapan nya agar semua ibu ibu majelis ta'lim yang hadir termasuk kedalam golongan golongan penghuni surga sebagaimana yang telah beliau jelaskan.

"Jadi itulah tadi golongan golongan yang berhak menjadi penghuni surga, dan semua itu dicantumkan secara jelas di dalam Al-Qur'an dan diperkuat dengan hadist hadist rosulullah shallallahu alaihi wasallam. Mudah mudahan ya ibu ibu, memang untuk masuk surga itu ada syarat nya, tapi insyaallah jikalau kita mengikuti pedoman yang terdapat dalam Al-Qur'an dan hadist, insyaallah kita bisa meraih surganya Allah. Mudah mudahan kita termasuk satu dari golongan golongan ini ya bu, yang berhak masuk surga nya Allah  subhanahu wa ta'ala, Aamin ya robbal alamin."



Reporter :  Sri Wulandari / KPI 3D 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023