DKM Ar-Rohman Cibiru Laksanakan Sholat Jum’at Berjama’ah

Dakwahpos.com, Bandung – DKM  Ar-Rohman. mengadakan kegiatan salat Jum'at Pada hari Jum'at ( 22/09/23 ). Kegiatan salat Jum'at di masjid  ini berlokasi Jati, RT.03, kelurahan Pasir Biru, kecamatan Cibiru, kota Bandung merupakan kegiatan rutin di setiap hari Jum'at, khutbah Jum'at yang di hadiri oleh para tokoh masyarakat umat muslim, mereka adalah asli penduduk warga kelurahan Pasir Biru, kecamatan Cibiru. Adapun imam sekaligus khotib pada saat salat Jum'at di masjid Ar-Rohman yaitu bpk. H. Bukhori Muslim M.Ag.

Kegiatan khutbah Jum'at di Masjid Ar-rohman ini sudah berjalan dari awal peresmian masjid tersebut, khutbah Jum'at yang di sampaikan oleh bpk. Bukhori mengenai "Peringatan Maulid Nabi Saw 1445 H". Beliau menyatakan bahwa, maulid Nabi Muhammad Saw atau Maulud saja, adalah peringatan hari lahir Nabi islam Muhammad Saw, yang meurut tradisi sebagian Sunni jatuh pada tanggal ( 12 Rabiulawal dan Syi'ah pada 17 Rabiulawal ) dalam penanggalan Hijriah.

Kegiatan ini di lakukan untuk melaksanakan salat jum'at berjama'ah sekaligus mendengarkan khutbah seksama, agar menambah wawasan ilmu pengetahuan agama,  beliau menjelaskan tujuan dan manfaat memperingati Maulid Nabi Saw yaitu, dengan di peringatinya Maulid Nabi Saw kita bisa belajar sejarah dan ajaran ajaran yang ia tinggalkan, adapun manfaat umat muslim yang memperingatin Maulid Nabi Saw akan mendapatkan pahala ta'dzimunnabi atau pahala mengagungkan Nabi Muhammad Saw.

Pada khutbahnya, beliau membahas apa saja sifat yang dimiliki oleh Baginda Rasulullah Saw. Para jama'ah di bimbing melalui paparan mendalam mengenai kehidupan dan ajaran Baginda Rasulullah Saw. Beliau menggambarkan sosok Rasulullah Saw, sebagai sosok yang penuh kasih sayang dan penuh kesabaran, sifat sifat tersebut tercermin dari interaksi Baginda Rasulullah Saw, kita semua tahu bahwa ada 4 sifat baik yang ada pada diri Nabi, sidik, amanah, fathonah, tabligh.

Di akhir khutbahnya beliaupun berharap kepada para jama'ah nya untuk mengikuti setiap sunnahnya dengan mengikuti kebiasaanya. Dengan begitu, Rasulullah Saw akan mencintai kita, maka syafaatnyapun akan kita raih ketika hari akhirat kita. Rasulullah Saw pun pernah berkata : " Barang siapa yang mencintai sunnahku maka ia akan termasuk golonganku", ujar beliau.

Reporter : Inas Hayatun Nafisa ( KPI 3-B ).

 

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023