Khotbah Salat Jumat Masjid Al-Muhajirin: Sambut Rabiul Awal dengan Penuh Kegembiraan

Dakwahpos.com, Bandung - Masjid Al-Muhajirin yang bertempat di Jl. Pakuan Raya No. 23 A, Kelurahan Cipadung Kulon, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung mengadakan kegiatan salat jumat berjamaah pada hari Jumat (22/09/2023). Adapun isi khutbah tentang menyambut Rabiul Awal yang disampaikan oleh Ustaz Drs. Sukadi, M.I.L.

Ustaz Drs. Sukadi, M.I.L., menyampaikan khutbah tentang menyambut Rabiul Awal di hadapan kurang lebih 200 jamaah. Beliau menuturkan bahwa saat ini kita telah memasuki bulan maulid, bulan dilahirkannya Nabi Muhammad Saw., menurut penuturan sejarah. Orang yang paling kita kagumi di muka bumi ini dan orang yang menjadi perantara selamatnya manusia di muka bumi ini dari kedzaliman, kerusakan, dan kehancuran adalah dengan izin Allah melalui Rasulullah saw.

"Sudah sepatutnya setiap orang yang mengaku umat Rasulullah saw. untuk senantiasa memuliakan namanya, memuliakan keagungan budi akhlak pekertinya, dan memuliakan sunnah-sunnahnya. Memuliakan namanya dengan memperbanyak shalawat, memuliakan ajarannya ialah dengan senanatiasa mengkaji sunnah-sunnah beliau, dan mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Ustaz Sukadi.

Khatib juga menyampakan satu ayat yaitu pada QS. al-Ahzab ayat 70 yang berisi tentang akhlak Rasulullah Saw. Ayat tersebut menjelaskan bahwasanya akhlak Rasulullah saw. apabila beliau berkata-kata maka beliau pasti mengatakan sesuatu yang benar, namun perkataan beliau bukan hanya sekadar perkataan benar tapi juga perkataan yang mengandung hikmah dan membekas bagi orang-orang yang beliau ajak bicara.

"Rasulullah saw. ketika berbicara tidak pernah menyakiti lawan bicaranya. Semua orang yang diajak komunikasi oleh beliau, maka semuanya membekas dalam hatinya dan membekas kesan yang positif atas ketinggian akhlak dan martabat beliau," pungkas Ustaz Sukadi.

Di akhir khutbahnya, beliau mengajak para jamaah untuk menjadikan bulan Rabiul Awal yang menjadi bulan kelahiran Rasulullah Saw., sebagai momentum untuk meneladani sifat dan akhlak mulia Rasulullah Saw., yang mana dalam mencontoh dan menerapkan akhlaknya terdapat kemaslahatan yang akan kita dapatkan, baik di dunia maupun di akhirat.

Reporter: Cecep Ilham KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023