DKM Safinatussalam Cibiruhilir Gelar Shalat Jumat dengan Tema Khutbah “Hikmah Maulid Nabi”

Dakwahpos.com, Bandung – DKM Safinatussalam yang berlokasi di Komplek Bumi Harapan, blok CC, Rt 02 Rw 11, Desa Cibiruhilir menggelar salat jum'at (22/09/2023) dengan khatib bapak ustaz Asep Wahyu yang mengangkat tema "Hikmah Maulid Nabi".

"Di bulan Rabiul Awal bagi umat islam terdapat peristiwa penting yang terjadi di bulan tersebut yaitu terjadinya peristiwa maulid nabi. Dalam tradisi Masyarakat dikenal dengan peringatan muludan, tradisi ini hakikatnya adalah memperingati maulid nabi dengan tujuan mengingat kembali, meneladani, dan mencintai Rasulullah SAW sebagai sosok yang paling berjasa bagi umat islam. Banyak hikmah yang bisa diambil dari hal tersebut salah satu contoh yaitu Nabi lahir hari senin dan ternyata banyak peristiwa yang dialami Rasulullah terjadi pada hari senin juga seperti Rasulullah menerima wahyu pertama pada hari senin, berangkat hijrah ke Madinah pada hari senin, bahkan wafatnya beliau pun pada hari senin" ungkap Asep Wahyu.

Asep Wahyu juga mengatakan bahwa sifat-sifat calon nabi telah terlihat pada diri Rasulullah SAW pada saat beliau masih kecil contohnya belaiu tidak pernah bermaksiat, tidak pernah berkata dan bersikap kasar, memiliki sifat Amanah sehingga banyak dipercaya oleh orang lain.

Momen Maulid Nabi menurut ustaz Asep Wahyu adalah mengambil suri tauladan Rasulullah SAW dalam lima hal yang telah dilakukan oleh Rasul ;
1. Rasulullah mengangkat manusia dari jurang kebodohan, seperti halnya dalam hal aqidah Rasulullah merubah polytheisme menjadi monotheisme, dalam hal sosial beliau mengajarkan kesetaraan, tidak ada kasta miskin kaya dan mengangkat derajat Wanita, dalam hal politik menjadi lebih adanya kepastian hukum, tidak ada lagi prinsip yang kuat yang menang, dalam hal budaya beliau merubah budaya suku Arab dari sifat barbar menjadi lebih beradab.
2. Membawa perubahan yang bersifat universal. Rasulullah sebagai rahmatan lil alamin. Perubahan yang beliau lakukan bersifat universal berlaku untuk semua manusia diseluruh muka bumi dan disepanjang waktu.
3. Sebagai pengikat persatuan bangsa-bangsa, menghapus sifat sukuisme.
4. Sebagai figure terkumpulnya segala sifat kepemimpinan, berani seperti Nabi Musa, tabah dan sabar seperti Nabi Ayyub, dermawan seperti Nabi Sulaiman, keteguhan seperti Nabi Daud.
5. Rasulullah SAW berprestasi dalam segala bidang. Beliau berhasil membangun negara, merubah budaya, dan membina budaya.

Demikianlah isi dan pesan khutbah jumat yang disampaikan oleh ustaz Asep Wahyu, dengan harapan para jamaah bisa meneladani suri tauladan Rasulullah SAW dalam segala bidang.

Reporter: Muhammad Ifham Mustafad, KPI 3 C  

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023