Tingkatkan Nilai Spiritualitas, DKM Jami Al-Hasan Cileunyi Selenggarakan Kajian Subuh

Dakwahpos.com, Bandung - DKM Jami Al-Hasan memiliki sebuah program dan kajian yang cukup banyak, salah satunya adalah kegiatan kajian rutin yang dipimpin oleh Ustaz Dr. Ncep Abdul Razak dengan tema "Wahai Para Suami Istrimu adalah Pakaian Bagimu" pada hari Ahad, (17/09/2023). Kegiatan ini biasanya dilakukan bakda Subuh dan diikuti oleh warga Bumi Panyawangan yang ada disekitaran Masjid Jami Al-Hasan, Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

"Hubungan kita dengan pasangan kita itu tentunya bukan hubungan yang singkat dan duniawi saja. Bahkan kalau kita mengenal bagaimana Rasulullah saw. menyampaikan bahwasanya menikah adalah bagian sunnahku. Kalau kita mengenal definisi sunnah, kalau kita melaksanakan sunnah maka mendapatkan pahala, dan kalau kita meninggalkan sunnah maka kita tidak mendapat dosa," ujar Ustaz Dr. Ncep Abdul Razak.

Topik yang diangkat pada kajian kali ini membahas tentang tata cara dan keistimewaan mengenai pernikahan. Kita harus menerapkan bagaimana cara memperlakukan pasangan kita secara baik dan penuh kasih sayang. Salah satu contohnya adalah dengan memanggil pasangan dengan sebutan kasih sayang seperti mama, sayang, dan sebagainya.

"Ketika melakukan pernikahan ada hak dan kewajiban. Ketika dia melakukan pernikahan maka harus ada memberikan nafkah lahir dan batin. Bahkan Allah Swt. menyampaikan dalam surah at-Talaq. Yang namanya suami harus memberikan nafkah terhadap istrinya. Kalau misalkan rezekinya kurang baik, dia harus memberikan nafkah sesuai dengan yang Allah Swt. berikan kepadanya," pungkas Ustaz Ncep Abdul Razak.

Di penghujung ceramahnya, Ustaz Ncep Abdu Razak mengingatkan bahwa adab yang sudah dijelaskan sebelumya agar kita menjadi keluarga yang surgawi. Selain itu, beliau pun meminta kepada Allah Swt. agar kita diberikan kekuatan dan pertolongan untuk menerapkan hak dan kewajiban kita dalam pernikahan terutama peran kita sebagai suami.

Reporter: Annisa Nala Raihan KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023