Cetak Generasi Qur'ani, Masjid Al-Mukhtar Cigending Rutinkan Pengajian Anak

Dakwahpos.com. Bandung, 22 September 2023 -  Membaca al- qur'an merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Seperti kegiatan mengaji yang dirutinkan di masjid Al-Mukhtar yang beralamat di JL. Raya Ujung Berung, Cigending, Kec. Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kegitan pengajian anak-anak di masjid Al-Mukhtar terbagi dua, yaitu pengajian anak laki-laki dan anak perempuan. Untuk anak laki-laki dibimbing oleh Pak Ade dan untuk anak perempuan dibimbing oleh Ibu Lia.

Ustaz Ade merupakan salah satu pengurus masjid Al-Mukhtar yang membimbing anak laki- laki mengaji usai shalat maghrib. Proses mengajarnya, dimulai dengan membaca ayat Al- Qur'an, kemudian diterjemahkan dan di jelaskan mengenai makna ayat Al- Qur'an yang terkandung di dalamnya.

"Minimnya kesadaran, akan pentingnya generasi muda dalam membaca Al-Qur'an, membuka mata hati saya untuk membagi ilmu dan membina anak- anak di daerah sini. Apalagi  ketika saya melihat anak-anak usai shalat maghrib tidak ada kegiatan, menjadi kesempatan bagi saya untuk memanfaatkan ilmu yang saya miliki, sekaligus memakmurkan masjid ini.'' Ucap Pak Ade.

Untuk anak- anak perempuan, mereka dibimbing oleh seorang guru yang dikenal akrab dengan panggilan Ibu Lia. Cara mengajar Bu Lia dalam membingbing anak-anak mengaji, yaitu dimulai dengan berdo'a bersama dilanjutkan dengan mendengarkan anak ajarnya mengaji satu per satu dengan posisi menghadap kepadanya.

"Saya mengajar disini hampir setiap hari, karena kasihan jika anak-anak di daerah sini tidak ada yang membimbing dan mengajarakan cara membaca Al- Qur'an. Ya walaupun hanya belajar membaca Al- Qur'an saya harap sedikit ilmu yang saya milikii dapat bermanfaat" Ucap Bu Lia

Beliau mengharapkan agar anak-anak tidak terlalu buta dengan Al-Qur'an. Dengan adanya kegiatan rutin mengaji ba'da maghrib setiap hari, besar harapan beliau akan tercetaknya generasi yang Qur'ani.

Ananda Anggunistiani, KPI 3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023