Membanggakan! Mahasiswa KPI UIN Bandung Raih 20 Prestasi Selama Semester Genap 2023


Dakwahpos.com - Bandung, Kegiatan akademik di kampus selama semester genap 2022/2023 baru saja berakhir. Kesibukan selama satu semester tidak menghalangi mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk meraih prestasi luar biasa dalam berbagai kejuaran.
 
Menurut Dr. H. Uwes Fatoni, Sekretaris Jurusan KPI UIN Bandung, sejak awal tahun 2023, telah ditoreh 20 prestasi mahasiswa KPI baik tingkat daerah, nasional dan internasional.
"Berdasarkan data yang dikumpulkan jurusan, ada 16 mahasiswa KPI yang meraih 20 prestasi membanggakan selama semester Genap, Januari sampai Juli 2023. Paling tidak prestasi tersebut terbagi kepada lima jenis prestasi, yaitu prestasi akademik ranah Kajian KPI, prestasi beasiswa, prestasi lolos seleksi event kegiatan nasional, prestasi lolos seleksi event kegiatan internasional, dan prestasi non-akademik" ungkap Uwes.
Prestasi pertama, yaitu prestasi sesuai ranah Kajian Prodi KPI. Menurut Uwes prestasi ini paling banyak diraih oleh Sahrul Adimiharja, mahasiswa semester 8 dengan 5 juara lomba public speaking atau ceramah tingkat nasional selama 2023, yaitu Juara 1 Pidato Tingkat Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Wadah Karya, Bogor Jawa Barat, Juara 2  Audisi Dai Daiyah Tingkat Nasional 2023oleh Pondok Pesantren Fathul Huda Demak Jawa Tengah, Juara 2 Lomba Dakwah dalam ajang Pekan Islami Nasional MEGAMIC 2023 oleh HMJ Manajemen Universitas Islam Sultan Agung Semarang Jawa Tengah, juara harapan 2 Lomba Pidato KENCANA_DRAWRT, Denpasar Bali dan Terbaik 8 Musabaqah Dai Muda (MDM) GESIDAR yang diselenggarakan oleh Komunitas MTD (Muhibbin Tilawah wa Dakwah) Malang Jawa Timur.

Lomba public speaking tingkat nasional juga diraih oleh Najwa Halisa Farahshuhha mahasiswa KPI semester 2 meraih Juara 2 Lomba Pidato Tingkat Mahasiswa PTKIN Se-Indonesia yang diselenggarakan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Lalu juara 10 karya ilmiah terbaik Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat mahasiswa 2023 yang ditulis secara berkelompok oleh mahasiswa semester 2 Resvy Sahidah Umaroh, Rizqi Afrelina, dan Vionalisania Afifatul Azkia. Selain itu juga Zahra Amalia Putri, Juara 1 Lomba Siaran Virtual, Radio Challenge Seru 2023 dengan Penyelenggara PRSSNI Bandung, dan Maulana Abdullah,  Juara 1 Lomba MQK (Musabaqah Qira'atil Kutub) kitab Fathul Mu'in 2023 dalam gelaran Gradasi 2023 yang diselenggarakan HMJ Bahasa dan Sastra Arab, UIN SGD Bandung.

Uwes Fatoni lebih lanjut menuturkan selain prestasi dalam kegiatan akademik, mahasiswa KPI UIN Bandung juga berhasil lolos dalam kegiatan event nasional yaitu Lolos Seleksi KKN Nusantara Moderasi beragama 2023 (Arrumy Marwa) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama di Tana Toraja Sulawesi Selatan, Lolos seleksi Penerima Fully Funded Ekspedisi Pelosok Negeri di Desa Karang Sidemen, Lombok NTB 2023 (Dian Ramadhan, mahasiswa KPI semester 8) dengan Penyelenggara Yayasan Literasi Lumbung tanggal 15-25 Juli 2023 di Desa Karangsidemen, Lombok Nusa Tenggara Barat. Reyditha Amelia (Mahasiswa semester 2) lolos sebagai Relawan Liaison Officer FORNAS (Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional) 2023 yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI. Reyditha juga lolos Seleksi Sekolah Staf Presiden yang diselenggarakan oleh Kantor Staf Presiden RI. Reyditha Lolos di 100 besar Tahap 1 dan bersiap menuju seleksi tahap 2.

"Adapun prestasi lolos seleksi  kegiatan event internasional diraih oleh Aulikha Fiony Cahyani Shifa, dalam program pertukaran mahasiswa, Student Mobility yang diselenggarakan UIN Sunan Gunung Djati bandung tanggal 6-14 Mei 2023. Ia berhasil  masuk bersama 17 orang lainnya untuk berangkat ke Universitas Sultan Zainal Abidin Malaysia," tutur Uwes.

Prestasi lainnya adalah beasiswa yang diraih oleh Endah Ratna Komala dan Rifa Nurfadilah. Keduanya berhasil meraih beasiswa JFLS (Jabar Future Leaders Scholarship) selama kuliah tingkat S1, 4 tahun. Dan Umar Biliqoillah mendapatkan beasiswa BIB LPDP Kemenag 2023. Beasiswa tersebut mereka raih dengan seleksi yang sangat ketat.

Selain prestasi akademik, prestasi non akademik juga diraih beberapa mahasiswa KPI yaitu Afif Muzaki yang berhasil meraih Juara 2 Lomba Vocal Group Psyphoria 13.0 UNTAR 2023 berasama Tim arunika UIN Sunan Gunung Djati, juga juara 1 Lomba Futsal UPTION 2023 diraih Irsyad Khairuddin Syarif. Lomba tersebut  diselenggarakan Universitas Widyatama Bandung dan Irsyad masuk salah satu anggota dalam Timnas Futsal UIN Bandung.

Menurut Dr. H. Aang Ridwan, Ketua Jurusan KPI UIN Bandung, semua prestasi yang diraih oleh mahasiswa KPI itu adalah bagian dari keunggulan mahasiswa KPI baik di tingkat daerah, nasional ataupun internasional.  Ia percaya setiap mahasiswa memiliki potensi  sehingga setiap mahasiswa bisa juga berprestasi, asal ada kemauan.

"Semoga torehan prestasi ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya, untuk juga berusaha menjadi yang terbaik sesuai potensi dirinya. Jangan pernah berhenti untuk mencoba menjadi yang terbaik" ungkapnya.

Dr. H. Dadan Suherdiana, M.Ag, Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan dan Alumni memberikan apresiasi pada prestasi mahasiswa tersebut. Menurutnya prestasi mahasiswa tersebut sangat mendukung citra kampus, khususnya prodi/Jurusan.

"Saya sangat apreciate. Beragam prestasi mahasiswa tersebut akan sangat membantu peningkatan kualitas prodi khususnya dalam penilaian akreditasi prodi," pungkasnya.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023