Mahasiswa Kelompok 359 dan 363 Ikuti Pelepasan Mahasiswa KKN UIN Bandung oleh Rektor secara Daring dari Desa Bobos Subang

Dakwahpos.com, Subang - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 363, UIN Sunan Gunung Djati memulai pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan agenda acara pelepasan dari kampus yang dilanjutkan dengan pembukaan resmi di Aula Desa Bobos pada tanggal 11 Juli 2023. Acara pembukaan tersebut berlangsung pada pukul 09.00 dan diselenggarakan secara hybrid.

Dalam acara pelepasan KKN ini, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2PM), Bapak Dr. Husnul Qodim, M.Ag., menyambut acara dengan penuh harap via zoom meeting. 

"Selamat kepada seluruh peserta KKN dan menjelaskan bahwa setiap kelompok KKN terbagi menjadi beberapa kelompok untuk pembuatan jurnal atau artikel yang dapat disesuaikan dengan bidang keilmuan masing-masing." Ujarnya.

Selanjutnya, Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. Mahmud, M.Si., memberikan penyampaian mengenai moderasi beragama dalam konteks kebangsaan, toleransi, serta pentingnya saling menghormati dan memahami dalam masyarakat. Beliau menekankan pentingnya kerjasama dan saling membantu antar-umat beragama.

Setelah acara secara online, dilakukan pembukaan secara langsung di Kantor Desa Bobos. Sambutan pembukaan disampaikan oleh Ketua Kelompok 363, Furkon Hidayatul Lukman, sebagai perwakilan peserta KKN dari Bobos Timur dan Bobos Barat.

Selanjutnya, Dr. H. Uwes Fatoni, M.Ag, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) memberikan pengarahan kepada peserta KKN tentang kegiatan yang akan dilaksanakan selama 40 hari ke depan. 

DPL memberikan arahan dan bimbingan agar peserta KKN dapat melaksanakan tugas dengan baik dan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat Desa Bobos.

Selain itu, Bapak Kepala Desa, Anwar Nurjali yang juga merupakan mahasiswa S2 di UIN Bandung, menyampaikan permasalahan yang dihadapi di Desa Bobos, yakni masalah  ketersediaan air bersih yang berdampak ke pertumbuhan padi. Beliau berharap bahwa kehadiran kelompok KKN dapat memberikan solusi dan memberdayakan masyarakat Desa Bobos.

Acara pembukaan ditutup dengan tindakan simbolis, di mana perwakilan dari Kelompok 359 dan 363 memberikan simbolis kepada kepala desa sebagai tanda dimulainya kegiatan KKN di Desa Bobos.

Kegiatan KKN di Desa Bobos ini diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat, serta menjadi momen kolaborasi antara UIN Sunan Gunung Djati dan Desa Bobos dalam membangun komunitas yang inklusif dan berkelanjutan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023