Hebat! Mahasiswa KPI UIN Bandung Raih Beasiswa Jabar Future Leader Scholarship (JFLS)

 

 


Dakwahpos.com, Bandung - Di tengah perjuangan untuk bisa meraih pendidikan tinggi, banyak peluang yang bisa diraih oleh mahasiswa untuk mendapatkan beragam bantuan pendidikan terutama dari pemerintah. Hal inilah yang didapatkan oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rifa Nurfadilah, yang meraih beasiswa S1 Jabar Future Leader Scholarship (JFLS). Rifa berhasil meraih beasiswa ini sejak tahun 2021 setelah melewati beberapa tahap seleksi. Semangat belajar dan dukungan penuh dari keluarganya menjadikan Rifa menerima beasiswa S1 tersebut setiap semester selama 4 tahun.

Jabar Future Leader Scholarship sendiri merupakan program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mahasiswa berprestasi di Jawa Barat. Dengan pemberian beasiswa ini diharapkan akan lahir generasi muda yang berdedikasi, berkomitmen dan berkontribusi dalam pembangunan Provinsi Jawa Barat. 

 

“Merupakan suatu kebanggaan bagi saya bisa menjadi penerima beasiswa JFLS ini. Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan beasiswa ini, setelah melewati alur penyeleksian seperti seleksi administrasi, verifikasi perguruan tinggi dan seleksi Pemprov JABAR. Setidaknya saya bisa membantu keluarga untuk biaya pendidikan saya,” ujar Rifa kepada Dakwahpos.com (13/06/2023) dengan penuh rasa syukur.

Menurut mahasiswa Jurusan KPI semester 4 ini, setiap tahunnya ada ribuan mahasiswa yang mendaftar beasiswa JFLS. Wajar saja beasiswa ini memiliki peminat yang banyak, selain mendapatkan bantuan biaya pendidikan, JFLS juga memberikan pelatihan, serta pengetahuan baru untuk para awardee atau mahasiswa penerima beasiswa melalui berbagai program yang rutin diadakan. 

 



“Waktu Saya mendaftar beasiswa ini tahun 2021 ada sekitar 27.782 pendaftar dan tahun 2022 meningkat sekitar 30.921 pendaftar. Menurut saya program beasiswa JFLS ini banyak diminati karena setelah menjadi bagian dari penerima beasiswa JFLS kita akan diberikan berbagai program yang bisa diikuti untuk pengembangan kreativitas Kita. Contohnya seperti mengikuti program pendampingan yang diadakan setiap tahun bagi penerima beasiswa S1 dan S2 dengan tema yang berbeda tiap tahunnya, mengikuti program magang yang diadakan tiap tahun, dan mengikuti program JFLS Goes to School,” ujar Rifa.

Bagi Rifa program beasiswa ini tidak hanya membantunya dalam biaya pendidikan. Namun juga membuka jalan baru baginya untuk mengenal lebih jauh tentang Jawa Barat, bertemu dan belajar bersama orang-orang yang berkompeten serta berinteraksi dengan penerima JFLS lainnya. 



“Hal yang saya dapatkan dari beasiswa ini tentunya banyak sekali. Saya mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru lewat program pendampingan yang saya ikuti. Sudah dua tahun saya mendapatkan program ini, di tahun pertama saya mendapat pengetahuan dan pelatihan tentang Bussiness Plan, dan di tahun kedua saya mendapatkan pengetahuan serta pelatihan tentang Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Saya juga saat ini sedang mendaftar program magang JFLS dan semoga saya bisa lolos untuk mengikuti program magang tahun ini,” ungkapnya. 

 

Rifa berharap semoga mahasiswa lainnya bisa ikut berpartisipasi mendaftar dan meraih program beasiswa ini dengan mendaftar melalui https://beasiswa-jfl.jabarprov.go.id/ 


“Saya berharap pengalaman pribadi saya ini bisa menjadi motivasi untuk teman-teman mahasiswa, terkhusus teman-teman saya di jurusan KPI UIN Bandung. Tetap optimis dengan cita-cita yang kalian punya, jangan menyerah sama keadaan, jangan putus asa dan tetap semangat!,” pungkasnya. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023